13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Masjid Al Osmani, Masjid Tertua dan Bersejarah di Kota Medan

Medan, MISTAR.ID

Masjid Raya Al-Osmani menjadi salah satu tempat bersejarah di Kota Medan. Pasalnya, masjid yang didirikan pada tahun 1854 dan rampung 1857 ini menjadi masjid pertama dan dinobatkan sebagai yang tertua di Kota Medan.

Nama Al-Osmani sendiri diadopsi dari nama pendirinya, yaitu Sultan Osman Perkasa Alam yang merupakan pimpinan Kesultanan Deli yang ketujuh.

Masjid yang terletak di Jalan Yos Sudarso Km 19,5, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan ini menjadi salah satu cagar budaya Kota Medan. Masjid ini pun bukan menjadi pemandangan asing lagi bagi masyarakat Kota Medan khususnya bagian Medan Utara.

Baca juga : Masjid Agung Ahmad Bakrie: Taj Mahal Rasa Melayu

Sebab, siapa saja yang hendak menuju wilayah Medan Utara dengan melintasi Jalan Yos Sudarso, pasti melewati masjid menawan nan megah ini. Warna kuning menjadi corak warna yang mendominasi pada bangunan masjid ini.

Ketika pertama kali dibangun, masjid ini hanya berukuran 16×16 meter dan masih terbuat dari kayu. Adapun tujuan Sultan Osman Perkasa Alam membangun masjid pada saat itu, yaitu untuk merajut tali persaudaraan antara rakyat dengan Kesultanan.

Selain itu, Sultan Osman Perkasa Alam juga ingin menjadikan masjid sebagai tempat pembangunan karakter dan mental masyarakat Melayu pada saat itu.

Related Articles

Latest Articles