16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Perbasi Siantar Gelar Laga Bola Basket Siantar Man 1 On 1

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Pematang Siantar menggelar pertandingan Bola Basket Siantar Man 1 On 1 di Taman Bunga atau Lapangan Merdeka.

Pertandingan yang digelar selama 2 hari, mulai tanggal 29-30 Juli 2023 itu dalam rangka menggeliatkan kembali olah raga bola basket yang sempat vakum selama pandemi Covid-19.

Seperti disampaikan oleh Ketua Panitia Pertandingan Bola Basket Siantar Man 1 On 1, Guspiter yang dikonfirmasi mistar.id di sela-sela kegiatan pertandingan, pada Sabtu (29/7/23) sore.

Baca juga: Persiapan Piala Dunia Basket 2023 Masuki Fase Akhir

“Event ini kita harapkan jadi awal kebangkitan basket di Kota Pematang Siantar. Karena sejak pandemi Covid-19 kemarin, olah raga ini sempat vakum lama. Dulu ini sangat marak,” tuturnya.

Diceritakan Guspiter, Kota Pematang Siantar banyak melahirkan atlet bola basket putra dan putri, baik untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara maupun nasional. “Bahkan ada yang jadi pemain profesional,” ungkap Wakil Ketua Perbasi Kota Pematang Siantar itu.

Dari sisi jumlah peserta yang mengikuti event 1 On 1, kata Guspiter, Perbasi akan kembali menggelar event selanjutnya. “Jadi, event ini hanya pemancing untuk melihat minat anak-anak bermain basket kembali. Kita harapkan nantinya akan kembali muncul bibit-bibit atlet,” ujarnya.

Baca juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Cek Harga Tiket dan Cara Membelinya

Saat ditanya mengenai peserta pertandingan 1 On 1, Guspiter bilang, dibagi dalam 4 kategori. Kategori kelompok umur 17 tahun untuk pelajar putra ada 39 orang. Di kelompok umur 21 putra, ada 9 orang. Sementara kategori umum putra ada 5 orang. Dan kategori umum putri ada 23 orang.

Event itu, kata Guspiter, didukung penuh oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pematang Siantar.

Mengenai hadiah pertandingan 1 On 1 kepada para juara, kata Guspiter, panitia mempersiapkan medali dan uang pembinaan. “Kalau piala belum ada, mungkin untuk event selanjutnya,” tutupnya.

Baca juga: Mandiri 3×3 Indonesia, Ajang Perbasi Cari Atlet Basket Unggulan

Ketua KONI Kota Pematang Siantar, Jayadi Sagala yang juga ditemui di lokasi pertandingan menyampaikan, kegiatan itu digelar mengingat lapangan bola basket di Taman Bunga yang masih rusak.

“Itu makanya kita hanya menggunakan setengah lapangan. Kedepan kita akan meminta agar direhab,” ujar Jayadi, seraya mendukung Perbasi menggelar event selanjutnya. (ferry/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles