13.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Tak Kunjung Difungsikan, Bendungan Irigasi di Deli Serdang Menjadi Lokasi Swafoto

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bendungan irigasi Sungai Serdang di Desa Aras Kabu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang hingga kini tak kunjung difungsikan. Karenanya, proyek nasional senilai Rp234 miliar yang bersumber dari APBN Tahun 2018 ini hanya dijadikan sebagai tempat swafoto oleh warga.

“Belum berfungsi. Hanya dijadikan lokasi swafoto masyarakat saja kalau liburan sore,” ujar warga sekitar, Senin (29/4/24).

Menurut keterangan warga di sana, bendungan Sungai Serdang merupakan merupakan pembangunan Daerah Irigasi Serdang (DIS) tanggung jawab BWSS II PUPR RI. Meski sudah hampir empat tahun selesai, namun belum juga difungsikan.

Baca Juga : Pj Gubsu Sebut Bendungan Lau Simeme Rampung Juni 2024

Berdasarkan hasil pantauan, bendungan berada di pertemuan aliran dua sungai yakni Sungai Belumai dan Sungai Kualanamu. Karena tidak kunjung berfungsi mengairi areal persawahan warga, kondisi bangunan mulai rusak dan ditumbuhi tanaman liar.

“Pada musim kemarau saat ini, petani menggunakan sumur bor untuk mengairi lahan persawahan tanaman padi di Desa Sidourip, Desa Durian dan Desa Aras Kabu. Begitu juga dengan persawahan desa lainnya,” ungkap warga.

Sehingga, warga menilai bendungan tersebut merupakan proyek gagal pemerintah. Sebab, aliran irigasi yang sudah lama selesai dibangun dua arah ke kiri menuju persawahan masyarakat Kecamatan Batang Kuis dan sisi kanan menuju pesawahan masyarakat Kecamatan Beringin tidak juga dialiri air.

“Ini proyek gagal nampaknya. Kalau hanya menunggu musim hujan baru bisa berisi air, tidak perlu dibangun bendungan dan saluran irigasi,” keluh warga petani di sana.

Related Articles

Latest Articles