13.6 C
New York
Friday, April 26, 2024

Mandiri 3×3 Indonesia, Ajang Perbasi Cari Atlet Basket Unggulan

Jakarta, MISTAR.ID

Mandiri 3×3 Indonesia Tournament seri Jakarta dilangsungkan di GOR Bulungan Jakarta Selatan pada Sabtu (27/5/23) dan Minggu (28/5/23).

Turnamen ini merupakan lanjutan dari seri sebelumnya yang digelar di Jawa Timur pada 25 Februari dan Jawa Barat tanggal 1 Mei 2023 lalu.

Ajang ini dimanfaatkan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) berupaya mencari bibit-bibit unggul atlet bola basket baru,khusus untuk pemain putra dan putri berusia 18 hingga 23 tahun.

Baca juga: Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Ini Jumlah Dana Dikucurkan Kemenpora

Pengurus Bidang Pertandingan 3×3 Perbasi, Rinto Arinando mengungkapkan, pihaknya tengah gencar menggelar turnamen-turnamen bola basket 3 lawan 3 untuk menemukan atlet-atlet unggulan baru.

“Kami banyak bekerja sama dengan satu di antaranya bersama PT Supersport Sensation (SSS) International untuk menyelenggarakan Mandiri 3×3 Indonesia Tournament 2023. Kami berharap, kedepannya bisa menggulirkan liga sendiri untuk mencari pemain-pemain yang nantinya bisa mengisi Timnas basket 3×3 Indonesia,” kata Rinto, Senin (29/5/23).

Sementara itu, Project Director Mandiri 3×3 Indonesia Tournament, Chaerul Anwar Azis mengatakan, pihaknya mendukung langkah Perbasi dalam mencari bibit-bibit pemain untuk Timnas basket 3×3 Indonesia.

Baca juga: Sumut Maksimalkan Persiapan PON 2024, Diantaranya Cabor Basket

Pihaknya juga sudah memulai dengan memasukkan nama dan poin para pemain yang mengikuti turnamen itu.

Kami mulai mencoba mengikuti rules FIBA 3×3 dari turnamen hingga penyelenggaraan. Adanya turnamen ini turut melahirkan tim dan pemain baru yang kedepannya bisa mengisi Timnas Indonesia,” paparnya.

Pelaksanaan Mandiri 3×3 Indonesia Tournament seri Jakarta diawali dengan City Selection pada 27 dan 28 Mei 2023. Seleksi itu mendapatkan 24 tim terbaik yang nantinya akan bertarung di Province Finals pada 4 Juni di Lapangan Banteng atau Cilandak Town Squar.

Baca juga: Timnas Basket Putra Raih Kemenangaan Keempat di Australia

Selanjutnya 24 tim itu akan ‘diperas’ menjadi 8 tim yang bersaing di Grand Finale. Diketahui, Grand Finale menjadi panggung bagi 8 tim terbaik dari masing-masing Provinsi.

Usai seri Jakarta, Mandiri 3X3 Indonesia Tournament akan dilangsungkan Jawa Tengah dan Yogyakarta. (antara/hm16)

Related Articles

Latest Articles