23.4 C
New York
Wednesday, July 24, 2024

Gemuruh Suara Pendukung Iringi Debut Kandang Zhou Guanyu di GP China

Shanghai, MISTAR.ID

Teriakan “Guanyu, Guanyu, Guanyu,” mengalahkan suara lain di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (21/4/24), saat Formula Satu (F1) China, Zhou Guanyu, melangkah ke grid awal sebelum melakukan debutnya di Grand Prix China.

Zhou dari Sauber, hadir di kota kelahirannya dalam Grand Prix China pertama sejak 2019, gagal mencetak satu poin pun dalam empat balapan pertama musim ini, namun hal itu tidak mengurangi antusiasme sekitar 60.000 penggemar yang hadir setiap hari.

“Pada tahun 2004 saya ada di sini, di sebelum tikungan pertama juga, hanya menonton balapan, bermimpi menjadi pembalap F1 di masa depan, dan 20 tahun kemudian, kita ada di sini,” kata Zhou, 24 tahun, di grid awal di depan tribun utama.

Baca juga: Verstappen Bersiap Hadapi Tantangan Baru di Grand Prix F1 China

“Tentu saja sangat menakjubkan melihat kerumunan yang luar biasa di sini. Setelah beberapa tahun absen dari balapan kandang, saya sungguh senang bisa ada di sini dan saya akan mencoba memberikan segalanya di lintasan,” sambungnya.

Memiliki seorang pembalap China menjadi hal yang menguntungkan bagi F1 dan pemiliknya, Liberty Media, yang melihat negara itu sebagai pasar kunci.

CEO Formula 1, Stefano Domenicali, sebelumnya pernah mengatakan bahwa China suatu hari nanti bisa menjadi tuan rumah dua balapan.

Xu Zheng, yang datang dari Beijing untuk menonton balapan, mengatakan bahwa signifikansi Zhou bagi olahraga mobil China tidak bisa diremehkan.

Baca juga: Sean Gelael dan Team WRT 31 Ingin Hasil Maksimal di Imola

“Satu dekade atau dua dekade yang lalu, ketika saya baru mengenal F1, sulit untuk membayangkan memiliki pembalap China balapan dengan mobil Formula 1,” tambahnya.

“Pengalaman dan cerita Zhou Guanyu pasti akan menginspirasi lebih banyak praktisi olahraga mobil China atau anak-anak yang memiliki impian yang sama untuk berjuang di masa depan,” imbuhnya.

Zhou sejauh ini telah menikmati Grand Prix kandang yang relatif sukses, dengan finis kesembilan dalam sprint Sabtu dan ke-16 dalam balapan Minggu. Ia telah lolos kualifikasi terakhir dalam tiga balapan terakhir.

“Saya telah mengeluarkan segalanya sejauh ini akhir pekan ini,” kata Zhou. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles