7.2 C
New York
Friday, April 19, 2024

Satoru Mochizuki Jadi Pelatih Timnas Wanita Indonesia

Jakarta, MISTAR.ID

PSSI secara resmi mengumumkan Satoru Mochizuki sebagai pelatih Timnas Wanita Indonesia pada hari Rabu (21/2/24). Dengan penunjukan ini, Mochizuki menjadi pelatih kedua asal Jepang yang melatih Timnas Wanita Indonesia, setelah Ichiro Fujita pada tahun 2003.

“Selamat datang Mr. Satoru Mochizuki! Semoga kehadiran Mr. Mochizuki akan meningkatkan mutu dan kualitas Timnas wanita kita, demi membawa Garuda mendunia,” tulis Ketua Umum PSSI Erick Thohir melalui Instagram.

Mochizuki lahir di Otsu, Shiga, Jepang, pada tanggal 18 Mei 1964. Ia memulai karir sepak bola sebagai pemain pada tahun 1980 dengan membela Shiga Prefectural Moriyama High School.

Setelah lulus dari sekolah menengah (setara SMA), Mochizuki melanjutkan pendidikannya di Osaka University of Commerce, sambil bermain untuk tim sepak bola universitasnya di liga kampus.

Baca juga: Direktur Teknik PSSI Tunjuk Nova Arianto Jadi Pelatih Kepala Timnas U-16

Pada tahun 1987, setelah meraih gelar sarjana, Mochizuki bergabung dengan klub Nippon Kokan (NKK) Soccer Club. Empat tahun kemudian, ia bergabung dengan Urawa Red Diamonds.

Mochizuki juga memiliki pengalaman bermain untuk timnas Jepang antara tahun 1988 hingga 1989, meskipun jumlah penampilannya tidak pasti, berkisar antara satu hingga tujuh penampilan.

Pada tahun 1995, Mochizuki pindah ke klub Kyoto Purple Sanga. Di klub ini, ia kemudian memutuskan untuk mengakhiri karir bermainnya pada tahun 1997.

Setahun setelah pensiun, Mochizuki beralih menjadi pelatih untuk tim yang sama, yaitu Kyoto Purple Sanga. Setelah itu, ia menjadi pelatih untuk Vissel Kobe pada tahun 2000, namun kontraknya diputus pada tahun 2001. Selanjutnya, Mochizuki melatih tim usia muda Omiya Ardija pada tahun 2005, yang kemudian membawanya untuk melatih tim nasional Jepang U-16 pada tahun yang sama.

Related Articles

Latest Articles