-1.7 C
New York
Sunday, February 25, 2024

Waspada! Persimpangan By Pass Balige Rawan Lakalantas

Toba, MISTAR.ID

Hadirnya infrastruktur Jalan By Pass Balige disambut gembira oleh masyarakat karena membawa dampak pengembangan terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

Namun, masyarakat diimbau tetap waspada karena Jalan By Pass Balige yang berfungsi sebagai jalan alternatif untuk mengurangi potensi kemacetan di wilayah perkotaan Balige, sebagai ibu kota Kabupaten Toba, rawan lakalantas. Salah satunya perlintasan yang menghubungkan Desa Sibuntuon dan Desa Sianipar Sihailhail.

Pasalnya, Jalan By Pass tersebut juga berfungsi sebagai infrastruktur pendukung destinasi pariwisata Danau Toba dan melewati sejumlah perlintasan di sana.

Baca Juga:Presiden Jokowi Didampingi Gubsu Resmikan Jalur Balige By Pass

Pasalnya, diperlintasan itu, kendaraan yang melintas dari kedua arah ruas Jalan By Pass, baik dari arah barat maupun timur, hampir tidak kelihatan akibat kondisi badan jalan yang curam.

Hal ini otomatis mengganggu penglihatan pengguna jalan lainnya yang hendak melintas maupun saat memasuki jalur jalan Desa Sianipar Sihailhail maupun dari jalur Jalan Desa Lumban Gorat, menambah risiko potensi kecelakaan cukup riskan.

Atas kondisi tersebut, baru-baru ini telah terjadi kecelakaan diperlintasan itu, hingga merenggut nyawa warga sekitar saat melintas dari perlintasan tersebut.

Melihat kondisi itu, Pemkab Toba melalui Dinas Perhubungan mengimbau agar setiap warga saat melintasinya, hendaknya waspada dan hati-hati.

Baca Juga:Petugas Pos By Pass Hinalang Toba, Putar Balik Puluhan Kendaraan

“Tetaplah konsentrasi selama berkendara, saat keluar masuk Jalan By Pass dan begitu juga saat melintasi jalan tersebut,” kata Kepala Bidang Prasarana Dinas Perhubungan Toba Partogi Tambunan, Kamis (28/4/22).

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan susulan, Pemkab Toba terus berupaya melakukan upaya pencegahan, di antaranya melalui pemeliharaan rambu jalan. Di samping itu, pemasangan lampu jalan juga sudah diusulkan ke kementerian terkait dan dalam waktu dekat akan dilakukan pemasangan pita penggaduh di setiap perlintasan, guna mengingatkan pengendara tetap hati-hati saat keluar masuk di setiap perlintasan Jalan By Pass.

“Apalagi saat ini menjelang libur Idul Fitri yang diprediksi bakal terjadi lonjakan arus kendaraan,” kata Partogi Tambunan. (james/hm12)

Related Articles

Latest Articles