16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Wabup Deli Serdang: Kurikulum Merdeka Sesuai Perkembangan Zaman

Deli Serdang, MISTAR.ID

Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menegaskan, efektivitas kurikulum merupakan bagian penting dalam implementasi pendidikan yang komprehensif.

Sebab, hal itu menjadi pemenuhan kebutuhan untuk mengembalikan hak dan kebebasan belajar peserta didik, sehingga dapat tumbuh menjadi individu yang lebih kreatif dan inovatif.

“Apalagi saat ini sudah waktunya proses belajar di Republik Indonesia disesuaikan dengan proses perkembangan zaman dan salah satunya Kurikulum Merdeka ini. Melalui Kurikulum Merdeka banyak hal bermanfaat yang bisa kita dapat,” kata HM Ali Yusuf Siregar dalam sebuah kesempatan di Lubuk Pakam, Kamis (21/9/23).

Salah satu manfaatnya, baik untuk murid maupun guru akan mengalami fleksibilitas dalam melakukan proses belajar.

Baca juga: 2.600 Madrasah Sudah Terapkan Kurikulum Merdeka

“Murid bisa memiliki keleluasan memilih mata pelajaran yang mereka suka sesuai bakat dan minat, serta lingkungan belajar yang interaktif,” tambahnya.

Meski demikian, tambahnya, sebaik apapun transformasi kurikulum pendidikan yang ada, tentu tidak ada artinya bila peserta didik tidak merasa aman dalam proses mengenyam pendidikannya. Maka dari itu, diperlukan upaya-upaya untuk membangun dan menciptakan iklim pendidikan yang lebih baik.

“Saat ini kita sering mendengar isu-isu tentang kekerasan terhadap peserta didik di satuan pendidikan. Padahal, anak-anak kita yang seharusnya mendapat perilaku istimewa dengan bimbingan arahan dan kasih sayang dalam mengembangkan bakat dan potensinya. Namun karena tindakan-tindakan dan perlakuan tersebut, anak akan menjadi sakit secara fisik dan mental,” papar Wabup Yusuf Siregar.

Related Articles

Latest Articles