15.6 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Bupati Humbahas Tekankan 3 Hal di Musrenbang RPJPD Tahun 2025 – 2045

Humbahas, MISTAR.ID

Bupati Dosmar Banjarnahor membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Tahun 2025 s/d 2045 di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu Doloksanggul, Kamis (4/4/24).

Dalam arahannya, Dosmar menyampaikan agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membuat Rencana Pembangunan Jangka Panjang Humbang Hasundutan dengan penekanan pada tiga hal yaitu pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan.

Kabupaten Humbang Hasundutan sudah lebih 20 Tahun sejak berdiri tahun 2023. Dalam perjalan selama itu, banyak pembangunan yang sudah dilaksanakan walaupun masih ada yang kurang.

Baca juga: Polres Humbahas Gelar Latpraops dan TFG Ops Ketupat Toba 2024

Ia menjelaskan, jumlah warga miskin di Humbahas masih ada sekitar 8,65% atau sekitar 13 ribu orang.

“Diharapkan kita benar-benar memperhatikan keluarga per keluarga, di mana lokasinya sehingga bisa dibantu dalam rangka menurunkan angka kemiskinan ini,” katanya.

Demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Bupati Dosmar Banjarnahor menekankan untuk meningkatkan bantuan di bidang pertanian.

“Bagaimana petani kita bisa menjadi petani yang lebih baik, tidak lagi hanya menjadi petani gurem,” katanya.

Selain, Dosmar mengaku cukup senang bahwa nilai numerik anak-anak Kabupaten Humbahas sudah meningkat.

“Hal ini sudah kita mulai dengan memperkenalkan metode Gasing yang diperkenalkan oleh Prof Yohannes Surya. Apa yang sudah kita mulai ini diharapkan bisa berkelanjutan dalam rangka peningkatan pendidikan di Kabupaten Humbang Hasundutan,” lanjutnya.

Sementara untuk bidang kesehatan, angka stunting di Humbahas telah mengalami penurunan drastis. Dosmar berharap, apa yang sudah dicapai ini akan terus ditangani terus menerus.

Baca juga: Dana Hibah Pengamanan Pilkada Humbahas Rp 4.8 M Lebih

“Oleh karena itu, sekali lagi Musrenbang ini diharapkan terfokus pada tiga hal yaitu pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Program pembangunan lainnya tetap perlu tetapi ini menjadi penunjang untuk kesejahteraan masyarakat,” tansnya.

Sementara Kepala Bappelitbangda Pahala Lumbangaol menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan musrenbang adalah untuk menyerap aspirasi, partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan sehingga tercapai tujuan dan arah pembangunan Humbahas pada 20 tahun mendatang selaras dengan tujuan dan arah pembangunan nasional dan Provinsi Sumatera Utara.

Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut dari Bappenas RI, Kementerian Dalam Negeri RI, Kepala Bappelitbang Provsu, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera II, Kepala BPS dan Kepala Bappelitbangda Humbahas. (Mian/hm22)

Related Articles

Latest Articles