24.1 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Polres Humbahas Gelar Latpraops dan TFG Ops Ketupat Toba 2024

Humbahas, MISTAR.ID

Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) Gelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) dan Tactical Floor Game (TFG) Ketupat Toba 2024 Mudik Lebaran 2024, Rabu (3/4/24).

Kegiatan Latpraops ditersebut diikuti seluruh Pejabat Utama Polres Humbang Hasundutan dan Kapolsek Jajaran Polres Humbang Hasundutan.

Kapolres AKBP Hary Ardianto mengatakan, Latpraops dilakukan untuk menyamakan pola pikir dan pola tindakan personel Polri yang bertugas dalam Operasi Ketupat Toba 2024.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan personel dalam melaksanakan tugas, sehingga dapat memberikan perlindungan, pengayom dan pelayanan kepada masyarakat secara optimal.

Kapolres Hary menjelaskan, Latpraops bertujuan mensinergikan seluruh personel yang terlibat dalam operasi kepolisian secara bersama-sama untuk mencapai tujuan operasi yang optimal.

Baca juga: Polres Humbahas Tangkap Pria Pengguna Narkoba Jenis Sabu

Kelancaran arus mudik maupun arus balik menjelang libur lebaran hari Raya idul Fitri 1445 H menjadi salah satu prioritas dalam operasi, termasuk menekan pelanggaran dan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

“Terjaminnya rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H menjadi prioritas dalam operasi ini sehingga masyarakat dapat merayakan libur lebaran dengan rasa aman dan nyaman,” sambung Hary.

Dia menambahkan, Ops Ketupat Toba 2024 akan dilaksanakan selama 13 hari terhitung dari 4 – 6 April. Sebanyak 162 personel gabungan Polres dan Polsek jajaran akan dilibatkan dalam operasi tersebut.

Selama pelaksanaan Ops Ketupat Toba 2024, Polres Humbahas menyiapkan 3 pos terdiri dari 2 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan.

Seluruh pos tersebut didirikan di tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian masyarakat selama masa libur Hari Raya Idul Fitri.

Lokasi pos pengamanan dan pos pelayanan berada di Jalan Sisingamangaraja, tepatnya di Simpang Aek Silang, Kecamatan Doloksanggul, dan di tempat wisata Sipincur, Kecamatan Peranginan.

Pos-pos tersebut difungsikan sebagai pusat informasi dan tempat istirahat bagi pemudik yang tengah melakukan perjalanan.

Sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan dan serta kelengkapan lainnya juga disiagakan untuk membantu kesiapsiagaan dalam melayani masyarakat.

Baca juga: Polres Humbahas Cek Kesiapan Personel di Pos Operasi Ketupat 2024

Hary berharap, melalui pelaksanaan Latpraops ini seluruh kegiatan terkait dengan manajemen pengelolaan personel, peralatan dan sistem dapat terkelola dengan baik sehingga kegiatan berjalan lancar, aman dan terkendali.

“Melalui Latpraops ini mari bersama-sama kita tingkatkan profesionalisme dan sinergitas Polri dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024 guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” lanjutnya.

Kegiatan Latpraops kemudian dilanjutkan dengan Tactical Floor Game (TFG) di lapangan apel Polres Humbahas.

Kapolres Hary mengatakan, TFG bertujuan memberikan gambaran mengenai situasi, cara bertindak maupun untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas saat Hari Raya Idul Fitri khususnya di kabupaten Humbang Hasundutan.

“Tujuan utama Tactical Floor Game (TFG) dalam Ops Ketupat Toba 2024 ini adalah merekayasa dan mengatur strategi kemacetan lalu lintas agar para pemudik merasakan keamanan dan kenyamanan di saat mudik. Dengan ini diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan momen liburan mudik atau bersilaturrahmi,” katanya. (Mian/hm22)

Related Articles

Latest Articles