13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Siap Jalin Kerjasama, BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkab Paluta akan Daftarkan Aparatur Desa dan BPD di Program Jamsosteg

Paluta, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Pemkab Paluta) menggelar rapat rancangan dan rencana pelaksanaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsosteg) di lingkungan perangkat desa dan BPD, Senin (18/3/24) bertempat di Warkop Keluarga Gunung Tua.

Pertemuan itu dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PemDes) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) didampingi dua orang kepala bidang. Turut hadir juga wakil pimpinan PT Bank Sumut Cabang Gunung Tua. Hadir juga jajaran BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Padang Sidimpuan.

Dalam pertemuan itu dilakukan penyusunan draft kerjasama BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan dan Pemkab Paluta tentang Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Aparatur Pemerintah Desa di Kabupaten Paluta. Dibahas juga soal mekanisme pembayaran iuran perangkat dan BPD, serta penyampaian data desa yang masih aktif periode Maret 2024.

Baca juga: Pembayaran Manfaat Hingga Maret 2024 Tembus Rp365 Milyar, BPJS Ketenagakerjaan Komit Beri Manfaat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kepada Pekerja Sumut

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan  Cabang Padang Sidimpuan Eris Aprianto menyampaikan, dalam agendanya juga diharapkan program ini dapat berjalan baik dan optimal, bahkan jika memungkinkan melalui Bank Sumut model pembayaran iuran semakin dipermudah dengan mekanisme yang cepat dan tepat.

“Ini adalah momentum yang perlu dipersiapkan agar seluruh aparatur desa dan perangkat yang ada dan BPD di Pemerintah Padang Lawas Utara dapat terlindungi hingga 100% nantinya. Kami juga berharap dengan kehadiran Bank Sumut sebagai mitra pembayaran semakin memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta kami di lingkungan Pemkab Padang Lawas Utara,” terangnya.

Pada kesempatan itu Eris tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Paluta atas rancangan program ini. Harapannya, semoga dapat segera terealisasi dengan cepat tentu akan memberikan rasa aman saat bekerja.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan Sosialisasi BPJS Untuk Return to Work dan Manfaat Layanan Tambahan Kepada Karyawan PT MIR

Kadis PemDes Pemkab Paluta Yusuf MD Hasibuan mengatakan, kerja sama ini adalah respon pemerintah soal pentingnya pemerataan, pentingnya kepastian kepada pekerja khususnya tenaga honorer ataupun aparatur yang ada di desa-desa.

“Bagaimanapun mereka adalah bagian dari pilar penting pemerintah dalam menjalankan pelayanan masyarakat. Oleh sebab itu diperlukan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Melalui rancangan kerja sama ini kiranya dapat terimplementasi dengan baik. Seluruh aparatur desa juga semakin bersemangat untuk memberikan pelayanan terpadu kepada masyarakat,” katanya Kadis PemDes.

Sementara Wakil Pimpinan Bank Sumut Kantor Cabang Gunung Tua, Syamsul Rijal Rangkuti menyarankan mekanisme pembayaran nantinya dapat dilaksanakan secara terpadu sehingga mempermudah dalam proses penerimaan iuran atas pembayaran iuran tersebut.

“Kami akan siap sedia untuk melaksanakan mekanisme perbankan yang mudah baik bagi BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkab Paluta,” terangnya singkat yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama. (rel/hm17).

Related Articles

Latest Articles