6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau Penyumbang Utama Inflasi Sibolga

Sibolga, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga menggelar High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Tahun 2024 di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota Sibolga pada Selasa, (27/02/2024) siang.

Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, melalui zoom meeting menyampaikan, momentum HLM ini menunjukkan komitmen Pemko Sibolga dalam mengendalikan inflasi dan mendorong digitalisasi daerah, menuju Sibolga yang lebih efisien dan berdaya saing.

Wali Kota mengapresiasi Bank Indonesia KPw Sibolga yang menginisiasi kegiatan ini. Selain itu, TP2DD Kota Sibolga dan Bank Sumut juga mendapat penghargaan atas inovasi dalam perluasan digitalisasi daerah dengan menyediakan kanal pembayaran digital.

Baca Juga:Polisi Diminta Segera Usut Dugaan Penyalahgunaan BBM Bersubsidi di Sibolga-Tapteng

Dalam instruksinya, Wali Kota menekankan agar TP2DD Kota Sibolga tetap bersinergi dalam evaluasi regulasi, mengalokasikan TIK, dan mengimplementasikan kartu kredit pemerintah dengan mempertimbangkan good governance.

“Kita juga mendorong pengelola pajak dan retribusi daerah untuk memperluas kanal pembayaran non tunai,” kata Wali Kota Sibolga.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPS Kota Sibolga, Sabar Alberlo Harianja, mengungkapkan perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Januari 2024.

“Inflasi month-to-month sebesar 0,89%, year-on-year 2,43%, dan year-to-date 0,89%. Kelompok makanan, minuman, dan tembakau menjadi penyumbang utama inflasi,” terang Harianja.

Kemudian, Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias, menyampaikan evaluasi dan rekomendasi TPID dan TP2DD.

“Rekomendasi termasuk penyesuaian anggota TPID dan peningkatan kinerja TP2DD,” ucap Yuliansah. (syaiful/hm01)

 

Related Articles

Latest Articles