14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Resmikan Pasar Rakyat Onan Runggu, Bupati Samosir : Utamakan Masyarakat Setempat

Samosir, MISTAR.ID

Saya minta, saya titipkan, utamakan masyarakat lokal yang ada disini untuk dapat berjualan disini.

Hal ini ditegaskan Bupati Samosir, Vandiko Gultom pada saat peresmian pasar rakyat onan runggu, Desa Onan Runggu, Kecamatan Onan Runggu, Rabu (1/3/23), menjawab permintaan keluarga pemberi lahan yang meminta dilibatkan dalam pengelolaan pasar tersebut.

Vandiko Gultom mengucapkan terimakasih kepada keluarga yang memberikan lahan untuk pembangunan pasar rakyat onan runggu tanpa meminta ganti rugi.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan terima kasih kepada keluarga Oppung Saudara Samosir yang sudah menjadi contoh bagi masyarakat yang mendukung pembangunan kabupaten Samosir,” ucapnya.

Baca juga:Pedagang Pasar Aksara Mulai Berjualan

Lebih lanjut, dengan tegas, Ia meminta kepada Camat dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir, supaya mengutamakan masyarakat setempat yang berjualan di pasar tersebut karena pasar Onan Runggu dibangun untuk masyarakat Samosir khususnya masyarakat Onan Runggu.

“Saya tidak mau mendengar dari luar yang mendominasi. Kita utamakan dari masyarakat setempat. Nanti kalau ada yang tidak pas, lebih banyak yang diutamakan dari luar, tolong masyarakat sampaikan ke saya, akan saya langsung eksekusi, tidak boleh. Kita bangun untuk masyarakat Samosir khususnya masyarakat Onan Runggu, kita harus berdayakan masyarakat setempat,” tegas Vandiko.

Ia juga memerintahkan Camat dan Kepala Dinas Nakerkoperindag untuk segera membentuk pengelolaan dan mempergunakan pasar Onan Runggu serta mengatur peruntukan pedagang dan untuk memberdayakan keluarga pemberi lahan sesuai dengan permintaan keluarga pemberi lahan pembangunan pasar Onan Runggu.

“Kepada Kadis dan Camat, ini segera diatur peruntukannya dan atas permintaan keluarga pemberi lahan untuk dapat diberdayakan. Harapan saya kepada Camat dan ibu Kadis, segera dibentuk pengelolaan dan dipergunakan pasar ini, jangan sampai pedagang ini balik ke tempat lama,” ujarnya.

Baca juga:Pelayanan Penyeberangan Danau Rute Balige-Onan Runggu Ditambah

Kepada masyarakat Onan Runggu, Vandiko berharap agar mempergunakan dan menjaga pasar tersebut dengan sebaik mungkin.

Sebelumnya, pada acara peresmian pasar rakyat onan runggu tersebut, keluarga pemberi lahan, Pahala Samosir meminta kepada Bupati Samosir, Vandiko Gultom supaya dilibatkan dalam pengelolaan pasar tersebut diantaranya mendapatkan kios, pengelolaan parkir, kebersihan, keamanan, pengutipan retribusi dan lainnya. (Josner/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles