16.6 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Potensi Kelapa Sawit sebagai Energi Terbarukan Memiliki Peluang Besar

Medan, MISTAR.ID

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan Webinar dengan tema ‘Palmoil Potensi Kelapa Sawit Sebagai Energi Terbarukan dan Olahan Bahan Pangan’ yang dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Rabu (18/5/22).

Webinar itu menghadirkan narasumber Dr Hasrul Abdi Hasibuan yang merupakan tenaga kerja ahli pada Indonesian Oil Palm Research Institute (IOPRI) dan Dr Ahmad Nasir Pulungan SSi MSc.

Kegiatan Seminar Nasional ini dibuka oleh Wakil Dekan I Dr Jamalum Purba MSi, Ka Prodi Kimia, SekJur Kimia dan 155 peserta dari akademisi (guru, dosen, mahasiswa) dan umum sangat antusias mengikuti acara tersebut.

Baca juga:Pemprov Sumut Sambut Baik Investasi Pertanian dan Energi Terbarukan

Wakil Dekan I Dr Jamalum Purba dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan webinar tersebut. Dia yakin, beberapa narasumber yang merupakan pakar di bidangnya akan memberikan sesuatu yang lebih dari apa yang diharapkan dari webinar kali ini.

Dikatakan, tema webinar kali ini dilatarbelakangi karena banyaknya masyarakat yang termakan isu buruk mengenai kelapa sawit terutama olahannya yaitu minyak kelapa sawit, yaitu kandungan lemak jenuh dan lain-lain.

“Pada webinar ini akan dipaparkan bukan karena minyak tersebut, melainkan karena pengolahan masyarakat akan minyak tersebut yang kurang benar,” ujarnya.

Dr Hasrul Abdi Hasibuan dalam materinya menjelaskan bahwa minyak inti kelapa sawit sangat luas manfaatnya dalam kehidupan manusia baik itu dari segi pangan serta yang lainnya.

Minyak inti kelapa sawit sangat mengandung beberapa vitamin dah karakteristik yang dapat diterima oleh tubuh manusia serta ada juga yang tidak tergantung pada pengelolaan kelapa sawit tersebut.

Baca juga:Produksi Minyak Sawit Indonesia Naik 13%

“Begitu juga dengan bagian lainnya seperti pelepa, tandan kosong dan lain lain semua dapat di olah menjadi sesuatu yang berguna,” katanya.

Sementara, Dr Ahmad Nasir Pulungan membawakan materi mengenai pengelolaan kelapa sawit sebagai energi terbarukan. Bahwa potensi kelapa sawit sebagai energi terbarukan memiliki peluang besar dan sangat efesien.

“Hal ini didukung oleh kondisi energi indonesia yang membutuhkan pemasokan energi yang lebih besar kedepannya dan mulai dapat beralih pada sumber energi yang berasal dari sumber daya alam dan tidak akan habis karena berkelanjutan,” ucapnya. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles