6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Kunci Keberhasilan Pendidikan; Kerjasama Pihak Sekolah dengan Seluruh Elemen Masyarakat

Samosir, MISTAR.ID

Kunci keberhasilan dari pendidikan adalah kolaborasi, kerjasama dari pihak sekolah dengan seluruh elemen masyarakat.

Hal ini diungkapkan Kepala sekolah SMP N 1 Sianjur Mula-mula, Teksin Oberia Simbolon  pada saat pelaksanaan pentas seni dan kreasi siswa dalam rangka pelepasan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sianjur Mula-mula, Selasa (23/5/23) di Komplek SMP N 1 Sianjur Mula-mula.

Ia mengatakan seluruh elemen masyarakat harus turut serta mendukung mensukseskan pendidikan karena pendidikan diawali dari keluarga.

Baca juga : Siswa SMAKN Samosir Diedukasi Anti Korupsi, Hindari Narkoba dan Bijak Bermedsos

Dikatakannya pendidikan tidak akan sukses hanya ditangan guru tapi peran orang tua sangat diperlukan karena anak-anak bersama guru hanya 6 jam dalam sehari sisanya 18 jam bersama orang tua dan masyarakat.

“Saya ingin Sianjur Mula-mula ini bersinar 15 tahun ke depan. 100 tahun Indonesia merdeka di tahun 2045 seperti apa anak-anak kita ini, apakah ini pengambil keputusan atau sekedar penonton di negeri ini, tidak cukup ditentukan oleh guru,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, di sekolah sudah dirancang dari hari Senin sampai Sabtu kegiatan pra-pembelajaran untuk membentuk karakter siswa, visi sekolah SMP N 1 Sianjur Mula-mula adalah unggul dalam prestasi dan memiliki profil pelajar Pancasila yang salah satu butir profil Pancasila beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

“Tapi tidak cukup yang 6 jam, itu akan luntur jika 18 jam dibiarkan begitu saja,” sebutnya.

Kepada Kepala Desa, Teksin Simbolon berharap supaya di desa disediakan bank sampah supaya anak-anak tidak sembarang membuang sampah.

“Ketika di setiap desa ada tong sampah, kami ingin anak-anak ini mengumpulkan sampahnya, kemudian mengantar ke setiap tempat yang ada di desa yang namanya bank sampah,”  pungkasnya.

Kepada siswa yang akan melanjut ke jenjang SMA, Teksin mengatakan bahwa mereka akan menjadi generasi emas dan menekankan supaya tidak hanya menjadi penonton tetapi bisa menjadi pengambil keputusan di negeri ini.

“Itu kerinduan kami bapak ibu guru dan kerinduan orang tua untuk melihat anaknya suatu hari akan berhasil dan kami akan rindu kalian kembali ke sekolah  di almamater ini,” harapnya.

Pelaksanaan pentas seni  sekaligus pameran hasil belajar yang dirangkai untuk pemberangkatan 186 orang siswa kelas IX SMP N 1 Sianjur Mula-mula turut dihadiri Anggota DPRD Samosir asal Sianjur Mula-mula, Pantas Limbong dan Jonni Sagala, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Borri Pasaribu, Kepala Desa se-Kecamatan Sianjur Mula-mula, dan Orang tua murid. (Josner/hm19)

Related Articles

Latest Articles