17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Jelang Nataru, BBPOM Lakukan Intensifikasi Pangan

Medan, MISTAR.ID

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Medan mengaku tengah melakukan intensifikasi pengawasan pangan sebagai upaya untuk  memastikan pangan yang dijual menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) aman.

Hal ini dikatakan Kepala BBPOM di Medan Martin Suhendri, Jumat (8/12/22). “Kita sudah menurunkan petugas untuk mengawal intensifikasi pangan ini namun kita nyatakan hingga saat ini belum ada temuan,” ungkapnya.

Martin menjelaskan, sasaran dalam kegiatan ini adalah distributor bahan baku pangan. Selain itu, pihaknya juga akan mengawasi apakah ada penumpukan barang dan pemantauan parcel.

Baca juga: Nataru, Pemprov Sumut Jamin Stok Bahan Pokok Aman

Terutama parcel, Martin mengimbau kepada pelaku usaha agar memastikan tanggal kedaluwarsanya. Apalagi parcel umumnya baru akan dibuka usai Nataru atau bahkan lebih lama.

“Kami imbau kepada pelaku usaha supaya barang parcel itu jangan yang dekat waktu kedaluwarsanya. Karena biasanya isi parcel itu baru dikonsumsi setelah usai Nataru atau bahkan bisa baru dibuka hingga dua bulan ke depan,” tegasnya.

Selain itu, sambung dia, pihaknya juga mengimbau agar pelaku usaha yang menjual dagangannya di retail agar menyusun barang dengan baik sesuai yang disampaikan BBPOM.

Baca juga: Dinkes Siantar Intensifikasi Pengawasan Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru

“Jangan pula produk yang mengandung racun satu rak dengan produk pangan. Barang yang dijual juga harus legal jangan yang ilegal dan selalu perhatikan semboyan “Ceklis” Kita yaitu cek kemasan, cek label dan cek kedaluwarsanya,” tuturnya.

Oleh karena itu, Martin memastikan, pengawasan seperti ini akan terus diintensifkan. Bahkan, dia mengaku akan berlangsung hingga pasca Nataru mendatang. “Pengawasan ini akan semakin diintensifkan,” tandasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles