11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

5 Hari GPM Jelang Ramadhan Serap Animo Masyarakat Tebing Tinggi

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Jelang Bulan Ramadhan, Gerakan Pangan Murah (GPM) selama 5 hari yang digelar Pemko Tebing Tinggi melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) dan Pertanian bekerja sama dengan Perum Bulog Kantor Cabang (Kacab) Medan, menyerap animo masyarakat setempat.

GPM merupakan bagian upaya pihak Pemko Tebing Tinggi bersama pihak stake holder dalam mengendalikan laju inflasi dan menekan kenaikan harga sembako menjelang Hari Besar Keagamaan Negara (HBKN) Bulan Suci Ramadhan yang dimulai pada Senin (26/2/24) hingga Jumat (1/3/24).

Dalam kegiatan GPM terlihat di setiap lokasi, tingginya animo masyarakat untuk mendapatkan sembako dengan harga lebih murah, di mana beras 5 kg dijual Rp 53.000, gula pasir Rp 17.000 per kg dan minyak goreng kemasan Rp 14.000 per liter.

Baca juga:Peringati Hari Pangan Sedunia, Bapanas Kembali Gelar GPM

Kepala Bidang (Kabid) Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketapang dan Pertanian, Erni Widya menuturkan, pihaknya telah menyelesaikan pelaksanaan GPM se-Kecamatan di Kota Tebing Tinggi.

“Ada sebanyak 25 ton, dengan rincian, di Kecamatan Tebing Tinggi Kota sebanyak 3 ton, Kecamatan Padang Hulu 4 ton, Kecamatan Padang Hilir 6 ton, Kecamatan Rambutan 7 ton dan Kecamatan Bajenis 5 ton,” ungkap Erni, pada Jumat (1/3/24).

Sementara untuk gula pasir, lanjutnya Erni, pihaknya telah menurunkan sebanyak 1.450 kg, sedangkan minyak goreng disiapkan 2.472 liter.

Baca juga:Telusuri Kenaikan Harga Beras, KPPU Rangkul Pelaku Usaha hingga Satgas Pangan

GPM dimulai dari Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Kecamatan Padang Hulu, Kecamatan Padang Hilir, Kecamatan Rambutan dan terakhir di Kecamatan Bajenis.

“Kami rencanakan akan mendrop untuk beras sebanyak 25 ton, gula pasir 2.500 kg dan minyak goreng 2.500 liter. Kegiatan ini sangat diminati masyarakat. Mudah-mudahan dapat mengurangi kekecewaan dari masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan beras di keluarga masing-masing,” pungkas Erni.

Menanggapi kegiatan itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Bajenis, Hadi Supeno, menyampaikan, GPM membantu Masyarakat apalagi mendekati Bulan Ramadhan ini.

“Kami harap kegiatan ini sampai menjelang Ramadhan kalau bisa diadakan,” ujar Hadi.

Baca juga:Jaga Inflasi Pangan Jelang Ramadhan, Ini Instruksi Wali Kota Siantar

Sementara itu, Asmila, warga Jalan Jalak Lingkungan 1 Kelurahan Pinang Mancung, Kecamatan Bajenis mengapresiasi dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan GPM ini.

“Supaya terus saja berjalan dengan lancar. Insya Allah diadakan kembali kegiatan ini,” tutup Asmila.

Pemko Tebing Tinggi melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM juga bekerja sama dengan Perum Bulog Kacab Medan akan menggelar Pasar Pengendalian Harga (PPH) di Lapangan Merdeka mulai Kamis (7/3/24) sampai Jumat (8/3/24). (nazli/hm16)

Related Articles

Latest Articles