15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Pemkab Tapsel Gelar Gerakan Pangan Murah Jelang Lebaran

Tapsel, MISTAR.ID

Jelang perayaan Idul Fitri 1445 H, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM), Senin (1/4/24). GPM diilaksanakan di Kampung Gunung Tua Baringin, Desa Situmba, Kecamatan Tano Tombangan Angkola.

Kabag Humas Pemkab Tapsel, M Yusup Nasution mengatakan, dalam keterangannya, Selasa (2/4/24) mengatakan, seluruh provinsi maupun kabupaten/kota melaksanakan apel siaga HBKN, jelang Idul Fitri tahun 2024.

Gerakan Pangan Murah serentak merupakan sebagai salah satu intervensi dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) di daerah.

GPM serentak dilaksanakan di 38 provinsi, dan 514 kabupaten/kota secara hybrid offline dan online yang dihadiri Menteri Perdagangan, Menteri Dalam Negeri, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilitas Pangan dan Satgas Pangan.

Baca juga: PT TPL Sektor Tapsel Gelar Kegiatan Silaturahmi Ramadhan

Sementara itu, Bupati Tapsel Dolly Pasaribu yang ikut ke lokasi GPM mengatakan, hari raya Idul Fitri menjadi waktu yang tepat bagi pemerintah untuk melihat kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Terutama agar masyarakata mendapat akses terhadap pangan yang terjangkau dan berkualitas.

“Di tengah dinamika harga pangan yang tidak menentu, kita semua tentu berharap agar setiap warga memiliki akses yan cukup terhadap pangan yang sehat untuk dikonsumsi,” katanya.

Dolly berharap petani Tapsel mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bercocok tanam, sehingga hasil panen bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, dengan harga yang terjangkau.

Para pedagang juga bisa menawarkan dengan harga yang wajar, sehingga tidak ada lagi warga yang terpinggirkan dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

“Dengan demikian, Gerakan Pangan Murah bukanlah tanggung jawab satu pihak, melainkan tanggung jawab bersama kita semua. Mari kita jadikan spirit kebersamaan dan gotong royong sebagai pondasi utama dalam menjalankan gerakan 𝚒𝚗𝚒,” ajak Dolly.

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan Tapsel, Efrida Yanti Pakpahan berharap GPM ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Tano Tombangan, khususnya saat merayakan Idul Fitri.

Baca juga: Harga Cabai di Pematangsiantar Merosot Tajam Jelang Idul Fitri

Ia mengatakan, GPM dilaksanakan hanya satu hari yakni di Desa Situmba Kampung Gunung Tua Baringin, Kecamatan Tano Tombangan Angkola.

“Beberapa komoditas seperti beras kemasan dengan stok 10 ton, minyak makan kemasan stok 240 liter, tepung kemasan stok 600 kg, gula pasisr kemasan stok 100 k𝚐, dan telur stok 50 papan. Program ini tetap berlanjut, terutama dalam hal menyambut hari-hari besar lainnya,” jel;as Efrida.

Adapun harga beras 5kg dijual Rp52.000, minyak goreng 1 liter seharga Rp14.000, tepung 1 kg seharga Rp11.000, gula pasir 1 kg seharga Rp17.000 dan telur satu papan seharga Rp47.000 (Amran/hm22)

Related Articles

Latest Articles