15.6 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Jatah Proyek Oknum APH di Disdik Deli Serdang Diungkap Rekanan

Deli Serdang, MISTAR.ID

Oknum Aparat Penegak Hukum (APH) disinyalir mendapat jatah proyek fisik dari Dinas Pendidikan (Disdik) Deli Serdang. Hal ini diungkap salah satu rekanan instansi itu berinisial TH kepada Mistar id, Kamis (2/11/23).

“Biasanya, pekerjaan yang diterima dalam bentuk proyek tanpa lelang atau pekerjaan yang bersifat penunjukkan langsung (PL) karena nilai anggaranya masih di bawah Rp 200 juta,” kata TH.

Oknum APH yang mendapat jatah proyek, kata rekanan asal Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang itu, biasanya langsung dilempar untuk dikerjakan oleh pemborong lain.

Baca juga;Pokja Tender Proyek Pemkab Dairi Dilaporkan Kontraktor ke APH dan KPPU

“Yang bersangkutan akan langsung meminta imbalan fee yang persentasenya sudah ditentukan. Minta dimuka, saat Surat Perintah Kerja (SPK) untuk proyek sudah keluar,” kata kontraktor yang nama lengkapnya enggan disebutkan.

TH pun mengaku pernah dimintai uang oleh oknum Disdik Deli Serdang yang membidangi proyek. Uang tersebut di barter dengan 10 proyek jatah untuk APH.

“Waktu itu salah satu oknum di dinas minta disediakan dana Rp 400 juta. Tapi Rp350 juta juga bisa sisanya menyusul. Kata si oknum itu dia ada jatah 10 proyek PL milik oknum APH yang harus segera dicairkan. Sehingga oknum dinas butuh uang untuk diberikan kepada oknum APH yang mendapat jatah proyek tersebut,” ungkap TH yang mengaku mempunyai rekaman percakapan dirinya dengan oknum dinas tersebut.

Baca juga:Ratusan Relawan Minta APH Usut Tuntas Masalah yang Menyebutkan Bupati Batu Bara Mafia Tanah

Bahkan sebut TH, oknum dinas itu juga mengirimkan nomor rekening bank, namun bukan atas namanya. TH juga mengaku dirinya mendapat beberapa proyek fisik pada Disdik Deli Serdang.

Dikonfirmasi terkait berita ini, Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan dan Sarana Prasarana Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Disdik Deli Serdang, Wahyu Ramadhan tidak merespon.  Pesan singkat tidak dibalas dan telepon tidak diangkat. Begitu juga dengan Kepala Bidang (Kabid), Pembinaan SD, Samsuar Sinaga.

Terpisah, salah seorang warga yang peduli pendidikan Kabupaten Deli Serdang, Zulfan Nauli Lubis menyesalkan ungkapan rekanan berinisial TH.

Baca juga:APH Diminta Usut Dua Proyek di Kabupaten Dairi yang Disorot Warga

Menurutnya, TH harus mempunyai bukti yang kuat soal dugaan jatah proyek milik APH pada Disdik Kabupaten Deli Serdang.

“Silahkan dibuka ke publik jika memang mempunyai data akurat tentang itu. Sehingga masyarakat tidak setengah-setengah dengan informasi tersebut. Kalau perlu laporkan juga oknum yang terlibat jual beli proyek di Dinas Pendidikan,”harap Zulfan Nauli Lubis saat ditemui di Bandara Kualanamu.(sembiring/hm17)

Related Articles

Latest Articles