29.9 C
New York
Sunday, July 14, 2024

Inspektorat Temukan Sejumlah Kejanggalan dalam Penggunaan DD/ADD 2021 Desa Barna Sumbul Dairi

Sidikalang,MISTAR.ID

Inspektorat Dairi mengakui temukan sejumlah kejanggalan terkait pelaksanaan dan penggunaan DD/ADD Tahun Anggaran 2021 Desa Barisan Nauli Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi Sumatera Utara.

Plt Kepala Inspektorat Dairi Elon Siagian di ruang kerjanya, Senin (8/8/22) mengatakan tim Inspektorat melakukan pemeriksaan dan terjun kroscek seluruh kegiatan pekerjaan proyek DD ke lapangan. Selain itu juga berdasarkan surat pertanggungjawaban (SPJ) APBDes 2021, ada ditemukan sejumlah kejanggalan pelaksanaan penggunaan DD/ADD danĀ  kejanggalan administrasi.

Tanpa menguraikan banyak kejanggalan itu, Elon Siagian mencontohkan salah satu kejanggalan dimaksud seperti belanja sewa pinjam alat berat escavator milik Pemkab Dairi untuk pembukaan jalan pertanian. Sewa menyewa ini diduga sebelumnya tidak ada surat permohonan sewa pinjam alat berat Pemkab Dairi sesuai Peraturan Daerah oleh Pemerintahan Desa kepada UPT Peralatan PUTR Dairi. Oleh karena itu Inspektorat melakukan klarifikasi kepada UPT Peralatan PUTR juga operator escavator dimaksud dan hasil sementara ada kejanggalan menyangkut PAD.

Baca juga:Mahasiswa Desak Kejati Sumut Usut Dugaan Korupsi Perjalanan Dinas DPRD Sibolga

“Selain itu pelaksanaan fisik proyek DD yang dilaksanakan lebih bayak dilaksanakan di Perubahan APBDes daripada APBDes Induk yang diduga pelaksanaannya tanpa melakukan musyawarah desa kembali. Diduga ya,” sambung Elon

Sebelumnya warga sekitar yang namanya tidak mau ditulis sudah pernah menyoroti kinerja Pemerintah Desa Barisan Nauli dikarenakan ada dugaan ketidaktaransparanan pengelolaan DD/ADD seperti tidak ada melakukan musyawarah kembali untuk Perubahan APBDes .

Contohnya kegiatan pembangunan rehabilitasi peningkatan jalan usaha tani dipilih di APBDes induk, diantaranya perngerasan jalan dusun aek nauli sebelah kiri biaya semula Rp99.082.400.00 diperubahan menjadi nihil. Juga sebelah kanan dengan P 75 X L 3 meter semula Rp173.465.790, menjadi 39.167.700, rehab plat beton dusun barisan nauli semula Rp8.002.050 mejandi nihil. Pembukaan Jalan Dusun III Aek Nauli sebelah kanan sepanjang 1.250 meter X lebar 6 meter dengan pagu Rp103.266.940 yang semula tidak ditampung di APBDes menjadi ada di PAPBDes.

Selain itu juga ditambah dusun III titik III panjang 689 meter X lebar 6 meter pagu Rp54.728.700, titik IV panjang 300 X lebar 6 meter dengan pagu Rp40.788.200, titik III lagi panjang 715 X lebar 6 dengan pagu Rp70.598.700. Selain itu juga warga mempertanyakan pelaksanaan kegiatan pipanisasi saluran air bersih sambungan ke rumah tangga dengan biaya Rp107.598.160.00

Baca juga:Disdik Dairi Akui Ada Kejanggalan SK Sejumlah Kepsek

Sementara Ka UPT Peralatan PUTR Dairi Marlanton Berutu saat dihubungi mistar membenarkan pihaknya bersama Inspektorat dan operator alat berat sudah terjun kelokasi Desa Barisan Nauli untuk menentukan kebenaran alat berat escavator Pemkab Dairi ada bekerja tahun 2021 untuk pembukaan jalan tani di Desa tersebut .

Kepala Desa Barisan Nauli Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi Saridayan Malau ketika dihubungi mistar lewat nomor selulernya, Senin(8/8/22) tidak bersedia menerima walau keadaan aktif. Juga dikonfirmasi lewat pesan whatsapp tidak dijawab walau dibaca dengan centang dua biru.(manru/hm06)

 

 

Related Articles

Latest Articles