15.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Guru di Kabupaten Humbahas Ikuti Metode Pembelajaran Gasing Matematika

Humbahas, MISTAR.ID

Sejumlah guru di Kabupaten Humbang Hasundutan mengikuti pembelajaran gasing matematika. Program ini diharapkan lebih mudah mengajarkan ilmu matematika kepada murid-murid karena gampang dan menyenangkan.

Salah seorang guru marga Purba, salah seorang guru SD Negeri 173477 Tukka mengatakan apa yang dipelajari dari program ini, ia akan menerapkan di sekolah tempatnya mengajar demi mencerdaskan anak muridnya.

“Nantinya kalau anak didik saya sudah cerdas, saya akan menerapkan lagi di sekolah-sekolah lain khususnya di sekolah SD se kecamatan Pakkat. Sebab, Matematika yang diajarkan oleh bapak Prof Yohannes Surya ini lebih simple, gampang, asyik dan menyenangkan dari pada pelajaran matematika sebelumnya, pak Bupati,” katanya dengan sipu riuh.

Baca juga:Ketua TP PKK Humbahas Minta Pengurus PKK Tingkatkan Keterampilan

Senada diungkapkan guru lain, dari SD Negeri 173418 Pollung. Dedini Sihombing SPd mengungkapkan, rasa terimakasihnya kepada Bupati Dosmar.

” Saya benar-benar berterimakasih kepada pak Bupati yang menjalin kerjasama yang baik dengan Profesor Yohannes untuk berbagi ilmu kepada guru-guru di Humbahas bagaimana caranya kami (para guru) mengajarkan matematika dengan metode gasing yang gampang, asyik dan menyenangkan,” katanya.

Dikatakannya, setelah ikut belajar dengan Profesor Yohanes selama 28 Maret hingga 14 April mendatang, materi pembelajarannya sangat konkrit, abstrak dan mencongak (berhitung diluar kepala-red).

Sementara, kata dia, selama pembelajaran yang dilakukannya kepada anak didiknya 1×2, 2×3 hingga memakai kertas sele-sele.

“Sekarang, kami merasa jadi guru yang hebat setelah bertemu dengan Prof. Yohannes Surya dan timnya,” ungkapnya bangga.

Kedepannya, tambah dia, agar juga diberi kesempatan kepada guru lainnya untuk mengikuti metode pembelajaran gasing ini.

Sebelumnya, Bupati Dosmar Banjarnahor didampingi Kadis Pendidikan Jonny Gultom meninjau pelaksanaan pembelajaran gasing matematika yang ditempatkan di SD Negeri 173403 Sirisirisi Kecamatan Dolok Sanggul.

Pembelajaran ini dilaksanakan untuk 60 orang siswa dan 20 guru, mulai tanggal 28 Maret hingga 14 April.

Baca juga:Wah! Bimtek Guru Siantar di Hotel Mewah Gunakan Dana BOS

Pada kesempatan itu, Dosmar menyampaikan harapannya anak- anak Humbang Hasundutan dapat belajar matematika dengan mudah gampang dan asyik.

Langkah ini dilakukan, agar semua anak SD boleh mendapat metode pembelajaran ini kedepan.

“Memang matematika tidak segalanya, tapi anak-anak yang mampu matematika bisa dengan mudah belajar mata pelajaran lainnya, karena matematika, adalah akar semua ilmu,” kata Dosmar.

Lebih lanjut ia mengatakan, kedepannya Pemerintah Humbahas juga akan melakukan pelatihan yang serupa. Sebanyak 26.544 siswa Humbang Hasundutan melalui guru- guru yang sudah terlatih dengan metoda pembelajaran Gasing. (dedy/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles