27.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Dugaan Jual Beli Jabatan di Pemko Medan Harus Dibawa ke Ranah Hukum

Medan, MISTAR.ID

Anggota Komisi I DPRD Medan Edi Saputra meminta agar kasus dugaan jual beli jabatan di Pemko Medan dibawa ke ranah hukum. Edi menyebut, sanksi disiplin dari Inspektorat tak cukup. Sebab, diduga kasus tersebut sudah berulang-ulang terjadi di lingkungan Pemko Medan.

“Proses hukum perlu dilakukan untuk efek jera dan menjadi warning bagi ASN lainnya,” tegas Edi, Kamis (7/4/22).

Untuk itu, Edi pun meminta agar aparat hukum juga mengusut tuntas dugaan tersebut. Hal itu dinilai penting guna mendukung kebijakan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam pemberantasan pungli dan gratifikasi di jajaran Pemko Medan.

Baca juga:Jual Beli Jabatan, Kepala BKD dan Hakda Kota Medan Dinonaktifkan

“Kuat dugaan banyak oknum yang terlibat gratifikasi. Bahkan, mungkin ada yang meminta sejumlah uang dengan iming-iming jabatan tapi tidak terealisasi. Ini harus diusut tuntas, karena telah menciderai kebijakan Pak Wali Kota dalam menerapkan pemerintahan yang bersih di Pemko Medan,” ucapnya.

Dikatakan Edi, bahwa dirinya sangat mendukung tindakan Bobby Nasution yang terus menggelorakan anti pungli dan korupsi di era kepemimpinannya.

“Hal itu dapat kita lihat dengan banyaknya Pak Wali Kota menindak pelaku pungli, baik Kepling, Lurah maupun OPD. Kita harapkan tindakan tegas itu berkelanjutan,” harapnya.

Baca juga:Jual Beli Jabatan di Medan, DPRD Desak Inspektorat Tegakkan Disiplin ASN

Lanjutnya, dirinya juga mengapresiasi Pak Wali Kota yang dengan tegas menindak serta menonaktifkan Kepala BKD & PSDM yang diduga melakukan jual beli jabatan tersebut. “Seharusnya seorang ASN yang memiliki potensi agar diberdayakan dengan inovasinya,” tandas politisi Partai PAN ini.

Seperti diketahui, dugaan jual beli jabatan terjadi di lingkungan Pemko Medan. Buntut dari kasus tersebut, Kepala BKD & PSDM Zain Noval pun dinonaktifkan Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kamis (31/3/22) kemarin. (rahmad/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles