17.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

Lagi! Gunung Ruang Erupsi, Kembali Berstatus Awas Level IV

Jakarta, MISTAR.ID

Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, erupsi lagi dan kembali berstatus awas level IV, Selasa (30/4/24) sekitar pukul 02:35 WITA.

Ketua Pos PGA Ruang, Julius Ramopolii mengatakan erupsi ini membuat tinggi kolom abu tidak teramati. Namun erupsi ini dapat terekam dari seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi sementara ini sekitar 10 menit.

Pada status awas level IV, kata Julius, warga diharapkan tetap mematuhi radius bahaya yang telah direkomendasikan yaitu enam kilometer dari pusat kawah aktif.
Semua masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan untuk tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius enam kilometer dari pusat kawah aktif.

Baca juga: Gunung Ruang Kembali Erupsi, Abu Vulkanik Setingi 5 Km

Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, juga dimitan supaya mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan dan tsunami. Hal itu dapat terjadi jika material erupsi yang masuk ke laut/runtuhnya tubuh gunung api ke dalam laut.

Selain itu, masyarakat diimbau supaya selalu menggunakan masker, agar menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernapasan.

Masyarakat di sekitar Gunung Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas melalui aplikasi MAGMA Indonesia.

Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung. (republika/hm17)

Related Articles

Latest Articles