9.6 C
New York
Monday, April 22, 2024

Munggahan, Pelajar SMPN 1 Beringin Makan Melingkar di Halaman Sekolah 

Deli Serdang, MISTAR.ID

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah 2024, ratusan siswa-siswi SMP Negeri 1 Beringin bersama para guru menggelar munggahan di halaman sekolah Desa Emplasmen Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, pada Kamis (7/3/24).

Menurut keterangan Kepala SMPN 1 Beringin, Musimin, kegiatan makan bersama ini merupakan tradisi munggahan yang sudah dilestarikan sejak lama.

“Makna positifnya saling memberi makanan sesama teman pelajar dan guru. Sehingga menjadi momen untuk saling maaf memaafkan. Dan dalam melaksanakan ibadah puasa sudah tidak ada silang sengketa atau perselisihan dengan siapapun dan kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik,” ujar Musimin.

Baca juga:Warga Perumahan BSP Lubuk Pakam Gelar Munggahan di Mesjid Al Hidayah

Disebutkan, munggahan atau punggahan merupakan tradisi berbagi untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan.

Dalam kesempatan itu, Musimin juga penyampaian libur sekolah menyambut bulan puasa dimulai Jumat tanggal 8 hingga 14 Maret 2024.

Ratusan pelajar yang berkumpul di halaman sekolah, membuat lingkaran dan membawa makanan minuman serta makan bersama.

Baca juga:120 Pelajar TK dan SD Ikuti Lomba Ukhuwah Jurnalis Siantar-Simalungun

“Kami makan bersama punggahan menyambut bulan puasa sambil bermaaf-maafan dengan ibu bapak guru dan teman-teman di sekolah,” bilang Dani salah seorang siswa.

Kasek bersama para guru berpesan agar para siswa-siswi melaksanakan ibadah puasa dengan semangat dan rajin serta memperbanyak ibadah. (sembiring/hm16)

Related Articles

Latest Articles