13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

MAN 2 Model Medan Safari Ramadhan ke Masjid Al Hidayah Lubuk Pakam

Deli Serdang, MISTAR.ID

Sejumlah peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Medan melakukan safari Ramadhan ke Masjid Al Hidayah Komplek BSP, Desa Pasar Melintang, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (29/3/24) malam.

Rombongan peserta didik yang akan mempraktekkan pelajaran yang selama ini telah mereka peroleh di asrama MAN 2 Model Medan Jalan Willem Iskandar Medan tersebut, dipimpin Abdul Kholik, kepala program asrama dan Willy Rahim Marpaung, guru asrama juga guru MAN 2 Model Medan.

Dalam kegiatan itu, para peserta didik bertindak sebagai imam sholat isya dilanjut imam sholat tarawih, sholawatan nabi dalam sholat tarawih dan witir, serta memberikan tausyiah singkat di hadapan jemaah Masjid Al Hidayah.

Baca Juga : Kejatisu Ingatkan Siswa SMAN 2 Medan Arti Kejujuran dan Kedisiplinan

Kepala program asrama MAN 2 Model Medan yang juga guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Deli Serdang, Abdul Kholik mengatakan, asrama putra MAN 2 Model Medan baru dibuka tahun ini. Sehingga, peserta didiknya yang mondok di asrama mempraktekan pelajaran yang selama ini mereka peroleh di asmara ke masyarakat dengan melakukan safari Ramadhan ke sejumlah masjid, terhitung sejak tanggal 21 hingga 31 Maret 2024.

“Praktek langsung ke lapangan. Tidak harus menunggu tamat sekolah dulu di madrasah baru ke lapangan,” ujarnya.

Baca Juga : Wakapolda Sumut Safari Ramadhan ke Masjid Nurul Hidayah

Disebutkannya, program studi di asrama MAN 2 Model Medan menyerupai belajar di pesantren. Ada kitab kuning, keharusan bahasa Arab dan tahfiz Al Quran. “Enam bulan awal harus bisa menggunakan bahasa Arab dan seterusnya,” ucapnya.

Ke depan, kata Abdul Kholik, peserta didiknya akan melakukan safari sholat subuh berjamaah. Kemudian ke perwiritan kaum ibu dan bapak serta remaja masjid. Usai sholat tarawih, rombongan kembali ke asrama putra MAN 2 Model Medan. (sembiring/hm24)

Related Articles

Latest Articles