7.8 C
New York
Friday, April 19, 2024

Misi Terwujud, Lewat Asesmen 13 Pelajar SMPN 1 Sidikalang Lolos Masuk SMA Unggul Del

Dairi, MISTAR.ID

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sidikalang, Kabupaten Dairi menerapkan pola pembinaan anak didik dengan menerjemahkan strategi menjadi tindakan, yaitu mengukur dan mengelola  niat bakat siswa-siswi untuk mengamankan generasi masa depan bangsa.

Kepala SMPN 1 Sidikalang , Hotnida Lubis mengatakan langkah ini bagian untuk mewujudkan misi  peserta didik yang berprestasi dalam bidang akademik, non akademik, kompetitif, inovatif, daya saing, berkarakter, bertakwa dan prestasi unggul .

Hotnida menyebutkan dengan lulusnya sejumlah siswa/siswi SMPN 1 Sidikalang ke SMA Unggul Del Laguboti Toba, yaitu tahun ajaran 2023-2024 ada sebanyak 8 orang, dan memasuki tahun ajaran 2024-2025 ada 13 orang.

Baca juga: Pemkab Toba Beri Penghargaan Kepada 51 Siswa Lulus di SMA Unggul Del dan Yasop

“Pola pembinaan dengan kualitas guru menjadi salah satu indikator keberhasilan anak didik. Dan mereka lolos ke SMA Unggul  Del melalui asesmen ketat  dan tidak sembarangan, semoga anak didik kita sukses dan berprestasi terhadap masa depan bangsa ini,” kata Hotnida

Terwujudnya misi diatas tersebut, kata Hotnida, akan menerapkan pola-pola pendidikan dari filosofi  Robert Samuel Kaplan yaitu seorang akademisi akuntansi Amerika, dan Profesor Pengembangan Kepemimpinan Emeritus di Harvard Business School. Mereka dikenal sebagai salah satu pencipta Balanced Scorecard  bersama dengan David P Norton .

Robert Kaplan dan David Norton dalam papernya yang berjudul “Translating Strategy into Action” tersebut menyiratkan pesan bahwa pengukuran itu memang penting agar kita bisa mengelola pencapaian tujuan yang kita harapkan di masa depan (secure the future).

Baca juga: Nada untuk Cita, Seni Virtual SMA Unggul Del di Masa Pandemi

Oleh karena itu, banyak organisasi yang mengukur kualitas keberhasilan dalam mencapai tujuan organisasi melalui penetapan indikator-indikator kinerja.

“Salah satu indikator keberhasilan organisasi dalam hal ini sekolah adalah output sekolah, yakni siswa berapa banyak ada di SMA Unggul Del. Kita fokus ke tujuan organisasi  sekolah untuk menggali dan memfasilitasi minat dan bakat siswa-siswi,” tutur Hotnida

Untuk diketahui publik, berikut nama-nama  13 siswa-siswi SMPN 1 Sidikalang lulus ke SMA Unggul Del tahun ajaran 2024-2025, yakni Agnes A Baru, Alavaro B Sinaga, Anastasya PY Napitupulu, Azriel Z Marbun, Evander Harahap, Liebe Y Napitupulu, Morgan ZV Tumanggor, Phynodahon K Aritonang, Priskila P Manalu, Rapha S Sinaga, Regalia A Simbolon, Rose N Bakara, Syerin A Sinaga. (manru/hm17)

Related Articles

Latest Articles