15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Bendungan Lau Simeme Ditargetkan Rampung Tahun Ini, Polda Sumut Galang Dukungan

Medan, MISTAR.ID

Proyek strategi nasional pembangunan bendungan Lau Simeme di Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang, baru-baru ini menjadi sorotan. Proyek yang habisan anggaran hingga triliunan rupiah ini ditargetkan akan rampung pada tahun 2024 atau tahun ini.

Sementara itu jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) terus menggalang dukungan untuk berlangsungnya pembangunan tersebut.

Dilihat dari akun Facebook resmi Polda Sumut, Sabtu (23/3/24) pagi dari dukungan dari berbagai kalangan telah di galang. Mulai dari akademisi, masyarakat hingga pihak pemerintah setempat.

Baca juga: Polresta Deli Serdang Kirim Personel Amankan Proyek Bendungan Lau Simeme

Penggalangan tersebut disampaikan dalam bentuk video testimoni berupa dukungan untuk berlangsungnya pembangunan bendungan Lau Simeme hingga tuntas.

Sejauh ini, salah satu yang memberikan dukungan dan apresiasi terhadap proyek itu adalah Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Muryanto Amin.

Dalam video singkat, Muryanto menyebut pembangunan ini banyak manfaatnya terutama untuk perairan masyarakat, pembuatan irigasi dan banyak lagi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara Ir. Yuliani Siregar. Dia mengajak seluruh masyarakat mendukung pembangunan Bendungan Lau Simeme.

Kata Yuliani dalam video testimoni itu, dengan adanya Bendungan Lau Simeme dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar.

Baca juga:Gubsu Lapor Ke Menteri ART, Pembangunan Bendungan di Sumut Terkendala Persoalan Tanah

Sementara itu, dikutip dari situs resmi Direktorat Sumberdaya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pada Sabtu (23/3/24) pagi menyebut bahwa Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) terus mempercepat penyelesaian pembangunan Bendungan Lau Simeme di Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang.

Bendungan berkapasitas tampung 21,07 juta meter kubik ini ditargetkan melakukan impounding (pengisian air awal) pada pertengahan tahun 2022 untuk mendukung pengembangan sektor pertanian dan pemenuhan kebutuhan air baku di Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pengelolaan sumber daya air dan irigasi terus dilanjutkan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan.

Baca juga: Ditargetkan Beroperasi 2022, Bendungan Lau Simeme Mampu Pasok Listrik 2,9 MW

Kata Basuki, kehadiran bendungan juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal.

Air baku ini juga akan digunakan untuk menunjang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, tuturnya.

Sebagai salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, Bendungan Lau Simeme mulai dikerjakan pada akhir tahun 2017 dengan masa pelaksanaan hingga pertengahan tahun 2022.

Konstruksi bendungan  dibangun secara bertahap dalam dua paket dengan biaya APBN sebesar Rp 1,38 triliun. (matius/hm17)

Related Articles

Latest Articles