15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

BKSDA Sumut Lepasliarkan Sepasang Ular Sendok Sumatera ke SM Barumun  

Medan, MISTAR.ID

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara melepasliarkan sepasang Ular Sendok Sumatera ke habitatnya di Suaka Margasatwa (SM) Barumun.

“Pelepasliaran ini dimaksudkan untuk melanjutkan perannya sebagai salah satu satwa penjaga keseimbangan ekosistem,” ujar Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BKSDA Sumut, Elvina Simanjuntak, pada Senin (26/6/23).

Elvina mengatakan, sepasang Ular Sendok Sumatera itu diterima pihaknya dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padangsidimpuan.

Baca juga: BKSDA Sumut Translokasikan 4 Individu Orangutan Sumatera ke SRO CA Jantho Aceh

Berdasarkan informasi yang disampaikan petugas Damkar, sepasang ular itu sebelumnya diperoleh dari sumur di rumah seorang warga yang dikontrakkan kepada PT PLN Persero, di Desa Pudun Jae, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan.

“Ular Sendok Sumatera merupakan ular yang sangat berbahaya, karena tergolong dalam spesies ular sendok penyembur (spitting cobra),” ucap Elvina.

Kata Elvina, meskipun tidak termasuk dalam jenis yang dilindungi, namun keberadaan satwa ini harus tetap dijaga, karena bermanfaat bagi petani sebagai pengendali populasi tikus di perkebunan.

Baca juga: BKSDA Sumut Temukan 4 Jerat Babi Hutan di Kawasan Hutan Lindung

“Penyerahan ini merupakan cerminan kolaborasi yang baik antar pihak dalam menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati. Kedepan kerja sama yang baik ini pun diharapkan dapat ditingkatkan lagi,” harapnya. (ial/hm16)

Related Articles

Latest Articles