8.8 C
New York
Saturday, May 11, 2024

BKSDA Sumut Terima Dua Ekor Monyet Ekor Panjang dari Warga Binjai

Medan, MISTAR.ID

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut) menerima penyerahan satwa liar jenis Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) sebanyak 2 ekor dari warga Jalan Suka Damai, Kelurahan Suka Ramai, Kecamatan Binjai Barat.

Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BKSDA Sumut Elvina Simanjuntak mengatakan, informasi adanya warga yang menyerahkan satwa liar itu didapat dari Kepala BPBD Kota Binjai, Sabtu (26/8/23).

“Warga yang memelihara Monyet Ekor Panjang itu awalnya menyerahkan kepada petugas BPBD Kota Binjai sebelum akhirnya diserahkan ke kita,” ujarnya, Rabu (30/8/23).

Baca juga: BKSDA Sumut Terima Monyet Ekor Panjang dari Warga Marelan

Elvina mengatakan, berdasarkan keterangan yang berhasil dikumpulkan bahwa 2 ekor Monyet Ekor Panjang ini sudah dipelihara sebelumnya sejak dari kecil.

“Seiring berjalannya waktu, pemilik tak mampu merawat dan mengurusnya lagi sehingga menghubungi call center BPBD Binjai dan menyerahkannya,” ucapnya.

Usai diterima, kata Elviana, pihaknya segera merescue satwa liar tersebut dan melakukan observasi serta rehabilitasi, sebelum nantinya dilepasliarkan ke habitat alaminya.

Baca juga: Kerap Keluar Kandang, Warga Serahkan Monyet Ekor Panjang ke BKSDA Sumut

“Kita meminta masyarakat untuk tidak memelihara satwa liar. Apalagi yang memiliki perilaku ganas. Sebab, bila satwa tersebut sudah besar dapat menimbulkan masalah, seperti melukai dan mencederai baik pemilik maupun warga lainnya,” pesannya. (ial/hm20)

Related Articles

Latest Articles