10.9 C
New York
Sunday, May 12, 2024

BKSDA Sumut Terima Monyet Ekor Panjang dari Warga Marelan

Medan, MISTAR.ID

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut) kembali menerima satu individu monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang selama ini dipelihara seorang warga di Medan Marelan.

Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan Elvina Simanjuntak mengatakan, penyerahan ini berawal dari laporan petugas adanya warga yang ingin menyerahkan monyet ekor panjang kepada BKSDA Sumut.

“Menindaklanjuti itu, petugas bersama lembaga mitra kerja sama Yayasan Scorpion Indonesia menyambangi lokasi,” ujarnya, Minggu (20/8/23).

Baca Juga: Kerap Keluar Kandang, Warga Serahkan Monyet Ekor Panjang ke BKSDA Sumut

Setibanya di Jalan Marelan IV, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, petugas bertemu dengan pemilik satwa Gambang Susanto.

“Kepada petugas, pemilik mengaku sudah memelihara monyet ekor panjang itu selama 4 tahun,” ucapnya.

Karena sering lepas dari kandangnya, Gambang khawatir kemudian hari satwa ini akan menyerang manusia. Dengan alasan itu, dia kemudian berinisiatif untuk menyerahkannya kepada petugas.

“Monyet ekor panjang berkelamin jantan ini telah dievakuasi dan dititipkan di Yayasan Scorpion Indonesia untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan serta rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan di habitat alaminya,” ucapnya.

Baca Juga: BKSDA Sumut Musnahkan Satwa Liar Hasil Sitaan dan Penyerahan Warga

Sebelumnya, petugas BKSDA Sumut juga menerima seekor monyet ekor panjang yang selama ini dirawat Windi Febriyanti warga Jalan Chaidir, Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan.

“Kita memberi apresiasi kepada warga yang menyerahkan satwa dan berharap kerjasama yang baik ini dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan di hari-hari yang akan datang,” ucap Elvina. (ial/hm22)

Related Articles

Latest Articles