13.4 C
New York
Monday, May 20, 2024

Kerap Keluar Kandang, Warga Serahkan Monyet Ekor Panjang ke BKSDA Sumut

Medan, MISTAR.ID

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut) menerima satu individu Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) yang selama ini dirawat Windi Febriyanti, seorang warga Kecamatan Medan Labuhan.

Kepala Subbag Data Evlap dan Kehumasan BKSDA Sumut Elvina Simanjuntak mengatakan, informasi penyerahan itu mereka terima dari Resort Pelabuhan Belawan pada Seksi Konservasi Wilayah II Stabat.

“Informasi itu kemudian kita tindaklanjuti dengan mendatangi kediaman warga yang memelihara Monyet Ekor Panjang di Jalan Chaidir, Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan,” ujarnya, Sabtu (12/8/23).

Baca juga: BKSDA Sumut Musnahkan Satwa Liar Hasil Sitaan dan Penyerahan Warga

Elvina mengatakan, menurut pengakuan sang pemilik, Monyet Ekor Panjang berkelamin jantan tersebut sudah dipeliharanya selama lebih kurang 8 tahun.

“Karena Monyet kerap kali lepas dari kandangnya dan khawatir akan menyerang warga, pemilik berinisiatif untuk menyerahkannya kepada BKSDA Sumut,” ucapnya.

Elvina memastikan proses evakuasi berjalan lancar dan satwa yang diserahkan itu saat ini dititipkan di Yayasan Scorpion Indonesia untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan serta rehabilitasi sebelum dilepasliarkan di habitat aslinya.

Baca juga: Pasang Perangkap, Tim BKSDA dan TNBG Masih Melacak Keberadaan Harimau di Madina

“Kita memberi apresiasi kepada warga yang menyerahkan satwa tersebut dan berharap kerjasama yang baik ini dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan di hari-hari yang akan datang,” pungkasnya. (ial/hm21).

Related Articles

Latest Articles