21.4 C
New York
Thursday, May 2, 2024

RSUP Adam Malik akan Tambah Tempat Tidur untuk Pasien Cuci Darah

Medan, MISTAR.ID

Setiap harinya Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik menangani sebanyak 70 hingga 75 pasien yang mengantri untuk melakukan cuci darah atau hemodialisa (HD).

Dikatakan Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP HAM, Rosario Dorothy Simanjuntak pasien ini datang dari wilayah Medan dan juga luar Medan.

“Kalau per bulan bisa ribuan kunjungan bukan pasien ya. Karena untuk pasien HD ini kan pengobatan berulang. Untuk satu pasien bisa dua kali melakukan kunjungan HD dalam seminggu dan didominasi orang dewasa,” kata Rosa, Rabu (30/8/23).

Sambungnya, saat ini ada sebanyak 30 tempat tidur yang tersedia di ruangan HD RSUP Haji Adam Malik.

Baca juga: Delapan Ratusan Pasien Antri Cuci Darah di RSUD dr Pirngadi

“Biasanya satu orang pasien yang menjalani sekali HD waktunya bisa sekitar 5 jam,” tambahnya.

Sehingga, saat ini Rumah Sakit milik Kementerian Kesehatan tersebut sedang berproses untuk menambah jumlah tempat tidur di ruang HD. Dari yang sebelumnya hanya 30 tempat tidur direncanakan akan ditambah menjadi 45 tempat tidur.

“Dimana untuk 12 tempat tidur kita tambah khusus pasien infeksius. Satu tempat tidur untuk di ICU. Satu tempat tidur untuk di Pusat Jantung Terpadu dan satu di tempat tidur di IGD. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan lebih lagi pada pasien kita,” jelasnya.

Related Articles

Latest Articles