13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Beri Pemahaman Soal Lingkungan, PTAR Gelar ECJ di Universitas Muhammadiyah Tapsel

Tapsel, MISTAR.ID

Pengelola Tambang Emas Martabe, PT Agincourt Resources (PTAR) mengadakan kegiatan E-Coaching Jam (ECJ). Acara yang bertemakan “Harmoni untuk Bumi Menjaga Lingkungan Demi Keberlanjutan” itu digelar di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS), Sumatera Utara (Sumut).

General Manager Operations PT Agincourt Resources, Rahmat Lubis mengatakan, saat ini perusahaan tetap berkomitmen menerapkan praktik pengelolaan lingkungan hidup. Mempromosikan praktik pengelolaan lingkungan kepada masyarakat sekitar, termasuk ke lingkungan kampus.

“Karena itulah perusahaan mengadakan Program E-Coaching Jam (ECJ) di UMTS serta turut mengundang kampus kampus sekitar Tapsel,” ujarnya.

Dikatakan Rahmat, pihaknya juga tetap berdedikasi menjalankan operasional pertambangan secara bertanggungjawab. Yakni dengan cara mengutamakan keseimbangan antara bisnis serta kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan melalui praktik pengelolaan lingkungan yang efektif.

“PT Agincout Resources (PTAR) mendukung pemerintah Indonesia mengejar target penurunan emisi gas rumah kaca sesuai dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) Perjanjian Paris 2015,” jelasnya.

Baca Juga : Warga Ngadu ke Polres Tapsel Terkait Lahan, PT Agincourt: Sudah Dibayar Penuh

Rahmat juga mengungkap salah satu bentuk dukungan PTAR dalam menjaga lingkungan. Yakni melalui aksi penanaman 73.815 bibit pohon di area reklamasi dan 38.306 bibit pohon di luar area perusahaan yang berpotensi menyerap karbon lebih dari 22.453 ton CO2e.

“Di bidang energi baru, PTAR telah mengalihkan sebagian penggunaan listriknya yang tadinya berasal dari pembangkit listrik fosil menjadi pembangkit listrik energi terbarukan,” ungkapnya.

Salah satu bentuk konkret yang diterapkan PTAR dalam melestarikan lingkungan, kata Rahmat, yakni mengoperasikan panel surya berkapasitas 2,1 MWP di kawasan Tambang Emas Martabe. Yakni dengan menggunakan peralatan processing berupa Instalasi Sleep Energy Recovery (SER).

“Tujuannya meregenerasi daya agar dapat dipakai kembali dengan potensi penghematan energi sebesar 6,49% perbulan,” jelasnya.

Baca Juga : Edy Rahmayadi Ingin Aptari Rancang Bangunan di Sumut untuk Tandingi Eropa

Sementara itu, Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono mengatakan, diskusi ECJ berlangsung interaktif. Acara diwarnai dengan berbagai pertanyaan dan masukan dari mahasiswa.

Selain antusias mengikuti diskusi ECJ, sebut Katarina, mahasiswa juga dapat memperkaya pengetahuannya melalui pameran lingkungan dari berbagai komunitas peduli pelestarian lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi semangat teman-teman mahasiswa yang mau terlibat secara aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Hal ini sesuai dengan tujuan perusahaan dan tujuan ECJ yaitu menumbuhkan kesadaran dan pemahaman kepada civitas akademika tentang lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati,” ucap Katarina.

Related Articles

Latest Articles