15.4 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Anggaran RSUD Dolok Sanggul Habis untuk Urusan Cleaning Service

Humbahas, MISTAR.ID

Anggaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), habis untuk urusan cleaning service. Anggaran yang dikeluarkan pihak rumah sakit itu sudah sejak tahun 2016 sampai tahun 2022 hanya untuk biaya jasa cleaning service, boleh dibilang cukup fantastis.

Rumah sakit milik Pemkab itu tidak tanggung-tanggung untuk menghabiskan dana hingga mencapai Rp1,4 miliar. Dana miliaran rupiah tersebut bersumber dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Tahun Anggaran (TA) 2022.

Dan, kini tender jasa cleaning service rumah sakit telah diumumkan secara online melalui sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), dan dimenangkan PT Graha Gresik yang beralamat komplek Ruko Griya Prima Blok A1 No 8 Kelurahan Buliang Kecamatan Batuaji Batam.

Baca Juga:Ketua TP PKK Humbahas Minta Pengurus PKK Tingkatkan Keterampilan

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) RSUD Dolok Sanggul Robert Silaban saat dikonfirmasi mengatakan, jasa cleaning service tahun anggaran 2022 di rumah sakit dimenangkan PT Graha Gresik.

Dikatakannya, ada beberapa item nantinya jenis pengerjaan yang dilaksanakan pihak ketiga tersebut. Di antaranya, pembayaran gaji sesuai UMK Kabupaten Humbahas senilai Rp2.538.344,79 , BPJS Tenaga Kerja, BPJS Kesehatan, THR, dan pembelian alat-alat perlengkapan lainnya.

Menurut Robert, anggaran jasa cleaning service itu sepenuhnya terhadap kebersihan di rumah sakit. Dengan anggota kebersihannya sebanyak 35 orang, yang sebelumnya hanya 30 orang. “Direncanakan direkrut 35 orang, sebelumnya 30 orang,” katanya.

Baca Juga:Pemkab Humbahas Terima 2 Hibah Aset Barang Milik Negara dari Kementerian PUPR

Saat ditanya, soal pengalaman kerja pihak ketiga, Robert memilih bungkam dan enggan menanggapi.

“Dari keabsahan, UKPBJ itu sudah sah,” kata Robert singkat saat ditanya sejumlah wartawan di ruang kerjanya, belum lama ini.

Selain itu, Robert juga tidak dapat menjawab berapa persen pembayaran pihak ketiga kepada BPJS Kesehatan dan Tenaga Kerja, apakah pembayaran itu dipotong dari gaji jasa pegawai lepas tersebut atau dari anggaran senilai Rp1,4 miliar.

Baca Juga:Bupati Humbahas Sampaikan Nota Pengantar LKPj TA 2021 ke DPRD

“Tapi sesuai kontrak itu di luar gaji, setahu kami. Karena selama ini tidak ada aduan,” ujar Robert didampingi rekan kerjanya bermarga Sihite.

Dan ketika ditanya perhitungan pembayaran gaji cleaning service dimulai kapan dibayar oleh PT Graha Gresik, Robert mengaku akan berjalan di bulan April sampai Desember tahun 2022.

Sebelumnya, sifatnya ditangani sementara oleh pihak rumah sakit yakni Januari hingga Maret. “Mulai bulan April berjalan sampai 9 bulan,” katanya.(dedy/hm10)

Related Articles

Latest Articles