8.5 C
New York
Thursday, April 18, 2024

Selasa Depan KPU Simalungun Buka Pendaftaran PPK Pilkada 2024

Simalungun, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun akan mengumumkan perekrutan sekaligus membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pada Selasa (23/4/24) mendatang.

Proses perekrutan akan berlangsung hingga 16 Mei 2024 dengan 12 tahapan yang telah ditetapkan.

Kasubbag Hukum dan SDM KPU Kabupaten Simalungun, Anselmus Ginting mengatakan, perekrutan 160 orang PPK dilakukan sebagai persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Baca juga:Pilkada Serentak 2024, KPU Simalungun Tunggu Juknis Tahapan

Anselmus bilang, pihaknya juga akan merekrut 1.239 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) usai perekrutan PPK selesai, untuk memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan lancar di seluruh wilayah Kabupaten Simalungun.

“Setiap kecamatan akan memiliki 5 anggota PPK, dikali dengan 32 kecamatan. Selain itu, di setiap kelurahan dan desa akan ada 5 anggota PPS yang direkrut dengan jumlah 413 kelurahan dan desa,” katanya saat dikonfirmasi, pada Kamis, (18/4/24).

KPU Kabupaten Simalungun, kata dia akan mempersiapkan perekrutan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) melalui beberapa tahapan yang meliputi pengumuman, penerimaan, pendaftaran, seleksi administrasi, tes tulis, tes wawancara, pengumuman hasil seleksi dan beberapa tahapan lainnya.

“Seluruh tahapan ini akan dilaksanakan secara transparan dan akuntabel untuk memastikan terpilihnya calon anggota PPK dan PPS yang berkualitas,” ucap Anselmus.

Baca juga:Ini Syarat Dukungan Harus Dikantongi Calon Independen di Pilkada Simalungun 2024

Selain itu, KPU Kabupaten Simalungun juga akan memberikan pembekalan dan pelatihan kepada para anggota PPK dan PPS terpilih.

“Pelatihan bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam menjalankan tugas kepemiluan. Mereka memiliki tanggung jawab besar dalam mengawal proses pemilihan umum di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa,” ujar Anselmus.

Melalui persiapan matang dan proses rekrutmen yang transparan, Anselmus optimistis perekrutan akan menghasilkan petugas pemilihan yang kompeten dan berintegritas tinggi. (indra/hm16)

Related Articles

Latest Articles