9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

KPU Kota Medan Gelar Simulasi Pemilu 2024, Difabel Didampingi

Medan, MISTAR.ID

Mematangkan persiapan dalam Pemilu 2024 nanti, KPU Kota Medan menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) di kantor KPU Kota Medan Jalan Kejaksaan, Kecamatan Medan Petisah, Rabu (27/12/23).

Simulasi itu turut dihadiri Forkopimda Kota Medan, TNI-Polri, Kejaksaan serta seluruh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Medan.

Ketua KPU Kota Medan, Mutia Atiqah mengatakan, dalam simulasi ini pihaknya menghadirkan pemilih sebanyak 150 orang yang berasal dari Kecamatan Medan Petisah.

“Dari 150 pemilih itu, 5 diantaranya kaum difabel dan ibu hamil. Dalam simulasi itu, difabel boleh didampingi saat melakukan pemilihan,” ucapnya, Rabu (27/12/23).

Dijelaskan Mutia, dalam simulasi tersebut, dijelaskan bahwa sejak Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibuka pukul 07.00 WIB, kegiatan mencoblos sudah bisa dilakukan.

Baca juga: Simulasi Pengamanan Pemilu 2024, Kapolres Samosir: Jadilah Pemilih Cerdas

“Setelah dilakukan pencoblosan, pada pukul 13.00 WIB dilakukan penghitungan suara dan selanjutnya dilaporkan melalui SIREKAP,” jelasnya.

Mutia mengungkapkan, KPU Kota Medan sebagai penyelenggara akan terus mematangkan persiapan Pemilu sampai dengan tanggal pemilihan pada 14 Februari 2024 nanti.

“Kita semua menginginkan Pemilu 2024 nanti berjalan damai dan aman. Oleh karenanya, mari semua pihak bersama-sama menciptakan suasana yang sejuk dalam Pemilu nanti,” tutupnya. (Rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles