22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Kapolres Tapsel dan Pj Bupati Paluta Pimpin Apel Pergeseran PAM Pengamanan Pemilu

Paluta, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Pemkab Paluta) dan Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) melaksanakan apel pergeseran pasukan operasi kepolisian terpusat “Mantap Brata Toba 2023-2024” dalam rangka pengamanan Pemilu.
Kapolres Tapsel AKBP Yasir Ahmadi bertindak sebagai inspektur upacara yang turut dihadiri Pj Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Palas, para Asisten dan Staf Ahli, serta pimpinan OPD Pemkab Paluta.

Kapolres Tapsel  menyampaikan bahwa apel pergeseran pasukan adalah salah satu upaya pengecekan akhir kekuatan pasukan sekaligus sebagai kesiapan Polri bersama stakeholder dalam mengawal dan mengamankan jalannya pemungutan suara pada Pemilu yang bertepatan pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 ini

“Pada Pemilu tahun 2024 Polres Tapsel melibatkan 242 personel yang terdiri dari 157 personel Polres Tapsel, BKO PAM TPS Polda Sumut 25 personel, dan back up dari Kodim 0212/TS sebanyak 60 personil,” ujarnya.

Khusus untuk pengamanan di 874 TPS, Polres Tapsel melibatkan sebanyak 126 personel pengamanan TPS yang terdiri dari 123 personel Polres Tapsel dan 3 personel BKO Polda Sumut yang siap mengawal dan melaksanakan pengamanan secara maksimal.

Selain itu Kapolres Tapsel juga mengimbau kepada seluruh personel dalam menghadapi tugas mulia dalam rangka pengamanan pemungutan suara Pemilu 2024 agar mempedomani dan melaksanakan antara lain, menyiapkan mental, fisik dan peralatan untuk melakukan pengamanan TPS dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Petugas juga melakukan pemetaan pada setiap kerawanan di sekitar TPS pada saat pemungutan dan hitung suara. Memperkokoh kerja sama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara Pemilu, unsur TNI, dan segenap komponen masyarakat, guna mewujudkan sinergi polisional yang proaktif dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.
“Bagi segenap anggota Polri, jaga komitmen dan netralitas, serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman terorisme yang memanfaatkan momen Pemilu tahun 2024 dan Melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran tindak pidana Pemilu tahun 2024 secara terpadu, melalui sentra gakkumdu serta melaksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan disertai dengan penuh keikhlasan,” terangnya.

Sementara itu Pj Bupati Palas Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan dalam arahannya kepada seluruh personel Polres Tapsel dan BKO Polda Sumut mampu melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan berdedikasi tinggi.

“Di mana dalam melaksanakan tugas kali ini merupakan tanggung jawab berat dalam pengamanan Pemilu tahun 2024 ini, dan mengemban tugas pengabdian kepada bangsa dan negara serta menjunjung netralitas dalam pengamanan Pemilu tahun 2024”.,ujarnya.(hotma/hm17).

Related Articles

Latest Articles