18.6 C
New York
Sunday, September 29, 2024

12 Ribu Pemilih Potensial Non KTP-El Masuk DCT Simalungun

Simalungun, MISTAR.ID

Pada Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan 14 Februari mendatang, terdapat 12.790 data potensial non KTP-El masuk ke Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Simalungun. Hingga saat ini terdaftar 743.271 orang yang memiliki hak pilih di 32 Kecamatan di Simalungun.

Kepala Sub Bagian Perencanaan Data dan Informasi (Perdatin) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun Hotma Turnip, data yang diterima pihaknya adalah hasil koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Simalungun.

Baca Juga: KPU Simalungun Temukan Seorang Caleg Ikut Lipat Surat Suara

“Terdapat 743.271 pemilih yang sudah terdaftar. Kemudian 12.790 di antaranya merupakan data potensial non KTP-el yang sudah masuk ke DPT. Tapi itu masih data awal,” kata Hotma saat ditemui di kantor KPU Simalungun, Rabu (17/1/24).

Hotma menjelaskan, sesuai data dari Dukcapil, saat ini masih ada sekitar 5.000 pemilih yang belum melakukan perekaman. Kendati demikian, ia menyebut sistem perekapan Dukcapil berbeda dengan cara kerja KPU.

“Karena kita juga langsung ke lapangan, namun tetap berkoordinasi dan disesuaikan dengan dinas kependudukan,” ungkapnya.

Baca Juga: KPU Simalungun Siapkan 8 TPS di 2 Lapas

Ia menambahkan, pihaknya masih akan memutakhirkan data pemilih sampai H-7 pelaksanaan Pemilu untuk pindah memilih kategori tertentu.

“Kita masih melakukan pemutakhiran data sampai H-7 pelaksanaan Pemilu (untuk kategori tertentu–red). Pihak Capil juga akan menginformasikan jika ada data terbaru,” imbuhnya. (Indra/hm22)

Related Articles

Latest Articles