14.5 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Mutasi Kedua Panglima TNI, 183 Pati Rotasi Jabatan

Jakarta, MISTAR.ID

Pergeseran jabatan kembali terjadi di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan merupakan mutasi kedua sejak Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima.

Total ada 183 perwira tinggi (pati) yang mengalami mutasi, rotasi dan promosi jabatan.

Mutasi itu termaktub di Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1470/XII/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang diteken Agus tertanggal 18 Desember 2023. Begitu juga hasil sidang Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tertinggi (Wanjakti) digelar di hari yang serupa.

Baca juga:Sejumlah Jabatan Strategis TNI Berganti, 60 Pati Dimutasi

Kedudukan Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI bertukar dari Letjen Eko Margiyono ke Laksdya Maman Firmansyah.

Berikutnya Eko Margiyono sebagai Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), berganti posisi dengan Maman Firmansyah. Lalu Mayjen Widi Prasetijono diangkat sebagai Dankodiklat TNI AD (Dankodiklatad). Widi sebelumnya merupakan Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro digantikan Mayjen Tandyo Budi Revita yang dulunya menjabat Kabadiklat Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Mayjen Bobby Rinal Makmun bertukar posisi dari Komandan Secapa TNI AD (Dansecapaad) diangkat menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin. Sementara Mayjen Totok Imam yang sebelumnya Pangdam XIV/Hasanuddin menjadi Direktur Pascasarjana Unhan. Posisi Dansecapaad selanjutnya akan ditempati Brigjen Niko Fahrizal yang sebelumnya Kepala Staf Kodam V/Brawijaya.

Baca juga:Panglima Mutasi 38 Pati TNI, Berikut Daftar Lengkapnya

TNI juga akan memiliki Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) yang baru. Kapuspen saat ini, Laksda Julius Widjojono akan diangkat sebagai Staf Khusus KSAL. Penggantinya Brigjen R Nugraha Gumiliar sebelumnya  merupakan Perwira Staf Ahli KSAD Bidang Keamanan dan Teror.

Komandan Satuan Siber (Dansatsiber) TNI juga berganti dari Laksma Agus Rustandi pada Brigjen Ari Yulianto. Agus diangkat Staf Khusus KSAL. Ari dulunya menjabat Asisten Operasi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles