9.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Kapal Perang Australia Tiba di Kupang, Ada Apa?

Kupang, MISTAR.ID – Kapal perang Australia, yakni Kapal Perang HMAS Launceston III 94 yang dikomandani oleh LC Andrian Hiks akhirnya tiba di perairan Kupang, Indonesia, Kamis (18/5/23).

Ternyata, tibanya kapal perang Australia di Kupang untuk melaksanakan latihan Cassowary Exercise (Cassowary) ke-23 di wilayah perairan perbatasan kedua negara. Latihan dilkukan dalam rangka mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Komandan (Wadan) Lantamal VII Kupang Kolonel Marinir Aris Budiadi Kupang, Jumat (19/5/23) mengatakan bahwa latihan tersebut berlangsung selama enam hari ke depan.

Baca Juga: TNI AL Lanal TBA Gagalkan Penyelundupan 6 Kg Sabu Jaringan Malaysia

“Kapal Perang Australia sudah tiba sejak Kamis kemarin dan sudah diadakan pertemuan untuk membahas tentang latihan bersama, mulai 18-24 Mei,” tuturnya.

Indonesia sendiri melalui TNI AL mengerahkan dua kapal perang dari satuan kapal cepat (Satkat) Koarmada III, yakni KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875.

Acara yang sudah dibuka oleh Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Yudhoko Timuryanto dan Atase Pertahan Australia Kolonel Griiffin akan fokus pada latihan Minor War Vessel yang bertujuan mempererat hubungan bilateral, saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam kemiliteran.

Baca Juga: Panglima TNI Nyatakan Siaga Tempur di Papua Bukan Operasi Militer

Latihan diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dan interoperabilitas dalam menjamin keamanan di perairan perbatasan Indonesia dan Australia.

“Serta mengasah kemampuan, menambah pengalaman berlatih dengan Angkatan Laut negara asing. Ini mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut. Lantamal VII Kupang sebagai tuan rumah siap mendukung pelaksanaan Casoex-23 agar berjalan aman dan lancar,” lanjut Aris. (antara/hm20)

Related Articles

Latest Articles