13.7 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Ini Total Jumlah Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II 

London, MISTAR.ID

Biaya pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II telah menghabiskan dana sekitar 161,7 juta poundsterling atau setara dengan Rp 29,9 miliar.

Hal ini disampaikan Departemen Keuangan Inggris pada Kamis (18/5/23). Departemen pemerintah negara itu menghabiskan sekitar 161,7 juta poundsterling untuk pemakaman kenegaraan Elizabeth II dan acara terkait lainnya.

“Prioritas pemerintah adalah agar acara ini berjalan dengan lancar dan dengan tingkat martabat yang sesuai, sambil memastikan keselamatan dan keamanan publik setiap saat,” kata Kepala Menteri Departemen Keuangan Inggris, John Glen dalam pernyataan tertulis kepada parlemen.

Baca juga: Akta Kematian Ungkap Penyebab Ratu Elizabeth II Meninggal

Departemen Dalam Negeri yang bertanggung jawab atas kepolisian dan keamanan nasional menyumbang porsi terbesar dari total biaya tersebut. Lembaga negara itu mengeluarkan biaya hingga 73,7 juta poundsterling.

Polisi Metropolitan London mengatakan pada saat itu, pemakaman ini adalah acara kepolisian terbesar dalam sejarahnya, dengan dihadiri pejabat dari seluruh dunia.

Pemimpin Inggris yang paling lama memerintah meninggal di usia 96 pada 8 September 2022, negara itu memasuki 10 hari masa berkabung nasional yang diakhiri dengan pemakaman kenegaraannya pada 19 September.

Baca juga: Lonceng Westminster Abbey Berbunyi 96 Kali Jelang Pemakaman Elizabeth II

Dalam kurun waktu itu, peti mati Elizabeth II terbaring di Edinburgh Cathedral sebelum dipindahkan ke London. Sekitar 250 ribu orang mengantre berjam-jam untuk melihat peti mati ratu di Westminster Hall selama disemayamkan di sana.

Pengganti dan anak Elizabeth II, Raja Charles III juga memulai tur keempat negara Inggris bersama Perdana Menteri Inggris saat itu Liz Truss. (okezone/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles