11.8 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Jelang KTT ASEAN di Jakarta, Kemenkominfo Siapkan E-book ASEANpedia

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah merilis e-book berjudul ASEANpedia jelang Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) ke-43 yang akan berlangsung pada 5–7 September 2023 di Jakarta.

“Untuk memperkuat sosialisasi dan manfaat keketuaan ASEAN Indonesia 2023, kami menghadirkan ASEANpedia,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Usman Kansong dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan di Jakarta, Sabtu (26/8/23).

Menurutnya, ASEANpedia juga memberikan informasi dan konten detail pada KTT ke-42 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada Mei lalu.

Baca juga: KTT ASEAN di Jakarta: Indonesia Ingin Meletakkan Dasar Kerjasama Hadapi Tantangan

“Hal-hal terkait KTT ASEAN harus kita gaungkan secara luas agar masyarakat semakin mengetahui betapa pentingnya peran Indonesia dalam kancah politik dan ekonomi dunia,” kata Kansong.

Peluncuran ASEANpedia merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara komunikasi publik serta menjaga tradisi penyajian informasi dan data yang lengkap, kredibel, cepat, dan terkini.

“ASEANpedia diharapkan dapat menjadi trigger bagi masyarakat untuk terlibat dan mengambil peran dalam setiap event internasional yang mana Indonesia dipercaya sebagai tuan rumahnya. Minimal memberikan dukungan agar acara tersebut sukses dan membanggakan,” kata Kansong.

Baca juga: Persiapan KTT ASEAN di Labuan Bajo Capai 90 Persen

ASEANpedia memuat informasi dan data berupa konten, berita, foto, infografis, dan videografi berbagai hal terkait KTT ASEAN 2023 dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

ASEANpedia tidak hanya menampilkan substansi pertemuannya, namun juga sisi lain dari perhelatan internasional yang melibatkan negara-negara Asia Tenggara.

“Informasi di ASEANpedia akan terus diperbarui sesuai kebutuhan dan perkembangan,” kata Kansong.

Ia berharap ASEANpedia yang dapat diakses di https://s.id/aseanpedia tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi bagi masyarakat, namun juga sebagai referensi media terkait rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada tahun 2023.

Baca juga: Hadiri KTT ASEAN, Panglima Militer Myanmar Tiba di Indonesia

Tema keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini adalah “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.” Indonesia ingin memastikan bahwa ASEAN tidak hanya menjadi organisasi regional yang berperan di kawasan, tetapi juga dunia.

Presiden Indonesia Joko Widodo akan membuka KTT ASEAN ke-43 dan memimpin 12 pertemuan, antara lain KTT ke-43 dalam format pleno dan retret, KTT ASEAN-Tiongkok ke-26, KTT ASEAN-Korea Selatan ke-24, KTT ASEAN-Jepang ke-26, dan KTT ASEAN-Jepang ke-26. KTT ASEAN-Amerika Serikat (AS) ke-11.

Pertemuan lainnya akan terdiri dari KTT ASEAN-Kanada, KTT ASEAN Plus Three ke-26, KTT ASEAN-India ke-20, KTT ASEAN-Australia ke-3, KTT Asia Timur (EAS) ke-18, dan KTT ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-13. (antara/hm17)

 

Related Articles

Latest Articles