18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Heboh Penampakan ‘Putri Duyung’ di Papua

Papua, MISTAR.ID

Seekor makhluk laut yang terlihat seperti seekor putri duyung tertangkap kamera di pantai Papua Nugini. Dari video yang beredar, Selasa (28/11/23), makhluk tersebut diketahui telah membusuk karena keseluruhan badannya telah menjadi putih.

Ternyata, hewan misterius ini, dikenal sebagai globster. Dimana, hewan tersebut ditemukan dalam kondisi membusuk dan tanpa kepala oleh penduduk setempat. Para ahli, termasuk ilmuwan dari Universitas James Cook Australia, seperti Helene Marsh, mengindikasikan bahwa hewan tersebut memiliki kemiripan dengan mamalia laut.

Namun, karena kondisi membusuk dan absennya sampel DNA, identifikasi pasti menjadi sulit. Meski demikian, pendapat berbeda datang dari Sascha Hooker, seorang pakar mamalia asal Skotlandia, yang menyatakan bahwa hewan tersebut lebih mirip dengan cetacea.

“Menurut saya, hewan ini terlihat seperti cetacea yang sudah membusuk,” ungkap Hooker.

Baca juga: 243 Hewan Peliharaan di Kecamatan Medan Selayang Disuntik Virus Rabies

Jenis cetacea yang umum di wilayah tersebut meliputi paus pilot sirip pendek (Globicephala macrorhynchus), lumba-lumba bintik pantropis (Stenella attenuata), dan paus sperma (Physeter macrocephalus).

Pendapat tersebut diperkuat oleh Erich Hoyt, seorang peneliti di Whale and Dolphin Conservation di Inggris, yang menilai hewan tersebut kemungkinan besar memang paus kecil. Namun, tidak menutup kemungkinan hewan tersebut adalah dugong atau sapi laut di perairan dangkal.

Ahli lain, Jens Currie yang merupakan ilmuwan di Pacific Whale Foundation di Hawaii menduga bangkai hewan tersebut lebih mirip dugong karena fisiknya yang gemuk.

“Berdasarkan lebar sisa kepala hewan tersebut dinilai tidak sesuai dengan cetacea. Perkiraan saya adalah dugong. Jumlah lemaknya juga menunjukkan bahwa itu mamalia laut, bukan hiu,” kata Jens.

Related Articles

Latest Articles