15.9 C
New York
Tuesday, April 16, 2024

Gunung Lewotobi Laki-laki di NTT Kembali Semburkan Abu Vulkanik

Kupang, MISTAR.iD

Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali mengalami erupsi, Jumat (29/3/24) malam dengan memuntahkan abu vulkanik mencapai ketinggian 500 meter.

“Telah terjadi erupsi G. Lewotobi Laki-laki, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 29 Maret 2024 pukul 20:07 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 2.084 m di atas permukaan laut),” bunyi laporan tertulis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), seperti dikutip CNN Indonesia.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5.0 Guncang Gunung Kidul

Berdasarkan laporan tertulis dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Lewotobi Laki-laki, saat letusan terjadi, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan arahnya cenderung ke selatan dan barat daya.

Gunung Lewotobi Laki-laki, yang memiliki ketinggian 1.584 meter di atas permukaan laut (MDPL) dan terletak di Desa Nurabelen, Kecamatan Ilebura, Flores Timur, saat ini berstatus waspada atau level II.

Dalam status waspada atau level II, masyarakat diminta untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius dua kilometer dari pusat letusan. Sementara untuk sektoral sejauh tiga kilometer pada arah Utara-Timur Laut dan lima kilometer pada sektor Timur Laut.

Warga juga diminta untuk mewaspadai potensi banjir lahar di sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-laki.

Baca juga: Di Sidang MK Bawaslu Jelaskan Jokowi Tak Langgar Netralitas Bagi-Bagi Bansos

Selain itu, masyarakat yang tinggal di beberapa desa yang berdekatan dengan pusat letusan juga diminta untuk melaporkan jika terjadi hujan abu akibat letusan tersebut.

Sebelumnya, Gunung Lewotobi Laki-laki juga pernah meletus awal Januari 2024, yang memaksa lebih dari enam ribu warga di tujuh desa sekitarnya untuk mengungsi.

Status Gunung Lewotobi Laki-laki sempat naik hingga level IV atau berstatus awas pada 9 Januari 2024 lalu setelah aktivitasnya terus meningkat. (CNN/hm22)

Related Articles

Latest Articles