19.1 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Dua Kali Erupsi Pagi Ini, Badan Geologi Perluas Jarak Aman

Flores Timur, MISTAR.ID

Gunung Lewotobi Laki-Laki yang berada di Flores Timur mengalami dua kali erupsi pagi ini, Rabu (17/1/24), pukul 07.43 WITA dan pukul 08.23 WITA. Menanggapi peningkatan aktivitas Gunung Lewotobi Laki-Laki ini, Badan Geologi memperluas jarak rekomendasi aman untuk menghindari potensi bahaya letusan.

Pelaksana Tugas Badan Geologi, Muhammad Wafid mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 5 kilometer dari pusat erupsi.

“Serta sektoral 6 kilometer pada arah utara hingga timur laut,” kata Wafid, Rabu (17/1/24).

Baca juga: Gunung Lewotobi 108 Kali Meletus, Masyarakat Jangan Beraktivitas Radius 5 Km

Sebelumnya, Badan Geologi telah merekomendasikan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 kilometer dari pusat erupsi dan sektoral 5 kilometer ke arah barat laut hingga utara dan timur laut.

Wafid juga meminta masyarakat agar tetap tenang, mengikuti arahan pemerintah daerah, dan tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Menurut Laman Magma ESDM, erupsi pertama menunjukkan tinggi kolom letusan mencapai 1.500 meter di atas puncak, atau 3.084 meter di atas permukaan laut. Sedangkan Erupsi kedua Gunung Lewotobi Laki-Laki teramati memiliki kolom letusan dengan tinggi mencapai 700 meter di atas puncak atau sekitar 2.284 meter di atas permukaan laut. (Liputan6/hm20)

Related Articles

Latest Articles