10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Rumah dan Motor Ludes Terbakar di Garoga, Diduga Korsleting

Taput, Mistar.ID

Satu unit rumah dan sepeda motor Honda Vision ludes di dilalap api hingga rata dengan tanah.

Peristiwa itu terjadi di Dusun Huta Baru Desa Sibalanga, Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), pada Selasa (16/1/24).

Hal tersebut dibenarkan Kapolres Taput, AKBP Ernis Sitinjak melalui Kasi Humas, Aiptu W Baringbing. Dijelaskan, pemilik rumah dan sepeda motor yang mengalami kebakaran adalah Usor Lubis (57).

Baca juga:Ribuan Ayam Terbakar di Kandang, Kerugian Rp 700 Juta

“Hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan keterangan saksi-saksi yang dihimpun petugas Kepolisian, saat kejadian itu pemilik dan keluarganya tidak berada di rumah,” sebut Baringbing.

Menurut keterangan saksi Rifa Safri Doli Siagian (34) yang mengetahui kejadian itu menjelaskan, saat dirinya masuk ke dalam rumah hendak mengambil air hanya melihat asap di dalam kamar.

Melihat itu, Rifa mengintip dari lobang pintu kamar dan api sudah membakar asbes bagian atas. Lalu dengan cepat api membesar karena rumah terbuat dari kayu yang sudah tua.

Baca juga:Belasan Kios Pusat Pasar Medan Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Miliaran Rupiah

Saksi pun bergegas keluar dan meminta tolong warga sekitar. Saat warga berdatangan untuk melihat kejadian, api sudah menyelimuti seisi rumah, sehingga tidak bisa berbuat apa-apa. Meskipun melakukan penyiraman dengan air, namun tetap tidak berarti banyak.

“Ketika itu pemilik rumah sedang bekerja di ladang dan sepeda motornya di tinggal di rumah dengan keadaan terkunci,” kata Baringbing.

Saksi pun menjelaskan, jika api diduga bersumber dari arus pendek listrik atau korsleting. Ini karena sempat melihat kabel listrik di kamar terbakar.

Baca juga:Kios di Pusat Pasar Medan Hangus Terbakar, Pedagang Padati dan Cek Kiosnya

Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian material diperkirakan sebesar Rp 100 juta.

“Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pastinya kebakaran tersebut,” tutup Baringbing. (fernando/hm16)

Related Articles

Latest Articles