7.2 C
New York
Friday, April 19, 2024

Gunung Lewotobi Laki-Laki Kembali Erupsi, Tinggi Abu Vulkanik Capai 1.500 Meter

Flores Timur, MISTAR.ID

Gunung Lewotobi Laki-Laki yang berada di Desa Pulolera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi pagi ini, Kamis (18/1/24) pukul 08.59 WITA.

Kolom letusan teramati mencapai 1.500 meter di atas puncak, atau 3.084 meter di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal ke arah utara dan timur laut.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki Herman Yosef dalam laporannya mengatakan, kolom abu mengarah ke utara dan timur laut.

Masyarakat dan wisatawan di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki dilarang beraktivitas apapun dalam radius 5 Km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan sektoral 6 Km ke arah Utara dan Timur Laut.

Baca Juga : Gunung Lewotobi 108 Kali Meletus, Masyarakat Jangan Beraktivitas Radius 5 Km

Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi juga perlu waspada terhadap potensi banjir lahar dingin pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Untuk diketahui, sejak 9 Januari 2024 pukul 23.00 WITA Gunung Lewotobi Laki-laki resmi menyandang status Level IV atau Awas. Level IV merupakan status tertinggi gunung api yang mengindikasikan erupsi atau letusan dapat mengancam pemukiman di sekitar gunung api tersebut. (liputan6/hm24)

Related Articles

Latest Articles