6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Atasi Banjir di 11 Kecamatan di Demak, Presiden: Tanggul Selesai

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, proses perbaikan tanggul Sungai Wulan yang jebol di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, akan selesai pada 22 Maret.

“Saya minta ke Menteri Pekerjaan Umum bagian yang jebol sedang diperbaiki. Kita harapkan jebolnya tanggul besok sudah bisa ditutup,” katanya, Kamis malam (21/3/24).

Jokowi mengatakan, jebolnya air menyebabkan air Sungai Wulan mengalir ke pemukiman warga sehingga mengakibatkan banjir.

Menurut Pemkab setempat, banjir menggenangi 89 desa di 11 kecamatan di Demak. Banjir juga memutus jalan utama yang menghubungkan Demak dengan Kabupaten Kudus di sebelah timurnya.

“Volume air yang mengalir (dari sungai) sangat besar,” kata Jokowi.

Baca juga: Kendari Dilanda Banjir, Satu Rumah Hanyut

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemangku kepentingan lainnya telah merespons dengan cepat banjir yang terjadi akibat jebolnya tanggul yang berdampak pada 23.436 warga Demak.

Ia mengatakan, jebolnya tanggul tersebut merupakan yang kedua dalam sebulan setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memperbaiki jebolan pertama pada Februari lalu.

“Saat jebol pertama, Kementerian langsung memperbaiki bagian yang rusak selama tiga hari. Setelah perbaikan tanggul pertama selesai, kembali jebol,” kata Jokowi.

Presiden juga mengatakan para pekerja konstruksi bekerja keras siang dan malam untuk memperbaiki tanggul yang jebol. Apalagi hujan di sana intensitasnya sangat tinggi. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles