18.4 C
New York
Tuesday, April 16, 2024

Amankan Aksi Unjuk Rasa di MK, 3.315 Personel Gabungan Dikerahkan

Jakarta, MISTAR.ID

Aksi 164 Istighosah Kubro dengan jumlah massa sekitar 500 orang akan menggelar unjuk rasa di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (16/4/24) siang ini sekitar pukul 13.00 WIB.

Sementara Plt Kasi Humas Polres Metro Jakarta Pusat Ipda Ruslan mengatakan, dalam pengamanan itu Polres Metro Jakarta Pusat telah mengerahkan 3.315 personel gabungan.

Polisi juga telah melakukan rekayasa lalu lintas agar tidak mengganggu aktivitas pengendara. Sebab pihaknya akan menutup kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat yang menuju Istana Merdeka.

“(Rekayasa lalu lintas) Nanti situasional,” ucapnya.

Baca juga: Putusan MK Terkait Sengketa Pilpres Diharapkan Tak Picu Bentrokan Seperti 1998

Berdasarkan undangan yang beredar, unjuk rasa itu sengaja digelar bertepatan dengan penyampaian kesimpulan dari para pemohon dan termohon terkait sidang sengketa Pemilu 2024.

Sebagaimana diketahui, hari MK membuka sesi penyerahan kesimpulan terkait dengan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 pada hari ini. MK dijadwalkan akan menerima kesimpulan dari para pihak selambat-lambatnya sekitar pukul 16.00 WIB.

“Kesimpulan diserahkan ke MK melalui petugas Kepaniteraan MK,” kata Juru Bicara MK Fajar Laksono saat dikonfirmasi melalui pesan tertulis, Senin (15/4) malam.

Baca juga: Sidang PHPU di MK, Airlangga Sebut Perlinsos Disalurkan Karena El Nino

Pada waktu lalu, Ketua MK Suhartoyo menyebut bahwa tahapan penyerahan kesimpulan tersebut menjadi kali pertama dilakukan dalam sidang sengketa PHPU.

“Kami, majelis hakim, bersepakat sekiranya ada hal-hal yang masih mau diserahkan, meskipun ini persidangan terakhir, bisa diakomodasi melalui kesimpulan,” ujar Suhartoyo.

Dalam proses persidangan berjalan, sejumlah saksi, ahli hingga empat menteri pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin telah memberikan keterangannya masing-masing. Putusan akan dibacakan pada Senin, 22 April mendatang. (cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles