15.7 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Tim PKM Mahasiswa FISIP UMSU Raih Dua Medali Perak di PIMNAS 2023

Medan, MISTAR.ID

Prestasi membanggakan tingkat nasional kembali diraih mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke 36 tahun 2023 yang digelar di Universitas Padjajaran, Bandung.

Dua tim mahasiswa yang berasal dari Program Studi Kesejahteraan Sosial itu berhasil memperoleh dua penghargaan setara medali perak.

Sahran Saputra, selaku dosen pendamping menyampaikan rasa syukurnya atas capaian dua tim PKM bimbingannya ini.

Baca juga: HMJ KS FISIP UMSU Masuk Nominator Anugerah Abdidaya Ormawa 2023, Ini Pengabdiannya!

“Alhamdulillah, saya bersyukur atas capaian prestasi mereka, semua jerih payah mereka selama persiapan mengikuti PIMNAS akhirnya mendapatkan hasil yang sangat memuaskan” tutur Sahran, pada mistar.id, Sabtu (2/12/23).

Dalam penutupan Pimnas ke-36 yang digelar pada kamis malam (30/11/23) lalu, Sahran menceritakan tim mahasiswa FISIP UMSU yang terdiri dari Zayyan Ramadhanti, Muhammad Rionaldo, Tita Wilda Wegina, dan Aini Tasya meraih penghargaan setara perak dalam kompetisi poster Kelas PKM-RSH 4.

Ia berkata dalam karya anak didiknya, kelompok mahasiswa yang sering disebut dengan Tim Masojid ni Boru ini mengusung judul riset, “Masojid ni Boru; Bentuk Kearifan Lokal Yang Responsif Gender Sebagai Anti Tesis Budaya Patriarki Pada Etnis Batak Angkola,” berhasil menarik perhatian dewan juri dan mengalahkan karya ilmiah lainnya.

Baca juga:Rangkul Gen Y dan Z Lewat Edukasi, Dekan FISIP UMSU Jabarkan Soal Pemilu

Sementara tim “Light Garden” yang terdiri dari Adrian Hariyadi Napitupulu, Jasmine Jamilah, Tita Wilda Wegina, Muhammad Rionaldo, dan Ridho Saputra Tolo, mengusung program pengabdian masyarakat dengan judul, “Light Garden; Ecocitytourism Berbasis Green Energy dan Zero Waste System, Upaya Transformasi Permukiman Kumuh di Sanggar Anak Sungai Deli” juga memperoleh prestasi yang sama, yakni prestasi setara perak dalam kompetisi poster Kelas PKM-PM 3.

“Alhamdulillah, dua kelompok mahasiswa FISIP UMSU kembali membawa pulang medali dalam ajang kompetisi PIMNAS, kali ini bahkan dua medali perak. Ini pencapaian luar biasa, kami turut bangga,” ujar Hj. Yurisna Tanjung, MAP Wakil Dekan 3 FISIP UMSU yang juga turut mendampingi dalam kegiatan itu.

Sementara, Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh, MSP menyambut riang gembira hasil yang diraih mahasiswanya. “Prestasi ini pasti membanggakan. Semua ini berkat kerja sama tim, dukungan lembaga dan Rektorat,” ungkapnya. (Dinda/hm17)

Related Articles

Latest Articles